Video Of Day

ads

Selayang Pandang

Tahun 1982 Hanya Ada Satu Hotel di Bangka Belitung, Lokasinya Ternyata di Tanjungpandan

PETABELITUNG.COM - Pada tahun 1982 Pulau Belitung dan Pulau Bangka masih menjadi bagian Provinsi Sumatera Selatan. Pada masa itu Pulau Belitung memiliki satu kabupaten yakni Kabupaten Belitung. Sedangkan Pulau Bangka dibagi menjadi Kota Pangkalpinang dan Kabupaten Bangka.

Keterangan tentang hotel di Bangka Belitung diketahui dalam buku Sumatera Selatan Dalam Angka Tahun 1982. Dalam buku itu terdapat keterangan tentang hotel, penginapan, dan pariwisata dari Dinas Pariwisata Provinsi Sumsel.

Penggolongan jenis akomodasi hotel dan penginapan atau losmen berdasarkan kelengkapan fasilitas-fasilitasnya. Menurut Dinas Pariwisata, hotel adalah suatu jenis akomodasi yang memiliki fasilitas tempat menginap, makan, serta fasilitas lainnya.

Ternyata pada saat itu jumlah hotel masih terbatas. Total hanya ada enam hotel yang tersebar di Kota Palembang, Kota Lubuk Linggau, dan Kabupaten Belitung.

"Di propinsi Sumatera Selatan tahun 1982 akomodasi yang tergolong Hotel hanya ada di Kota Palembang sebanyak 4 (empat) buah, sebuah di Kota Lubuk Linggau, dan sebuah di Tanjungpandan, Belitung,". 


Demikian keterangan yang dikutip dari buku Sumatera Selatan Dalam Angka tahun 1982. Merujuk pada keterangan tersebut, artinya hanya ada satu hotel di Bangka Belitung pada tahun 1982. Hotel itu adalah Hotel Martani. Dalam websitenya disebut bahwa Hotel Martani berdiri tahun 1979 dan merupakan hotel bintang dua pertama di Pulau Belitung. Wah ternyata usaha-usaha pariwisata Belitung bukan usaha kemarin sore ya guys! Semoga bermanfaat.(*)

Penulis : Wahyu Kurniawan

Editor :Wahyu Kurniawan

Sumber: petabelitung.com

Foto ilustrasi: Hotel Tanjungpandan, tahun 1962. koleksi Victor Lopies.