Video Of Day

ads

Selayang Pandang

Asal Mula Munculnya Istilah INN Dalam Dunia Perhotelan


PETABELITUNG.COM - Dalam kurun waktu 15 tahun terakhir pertumbuhan hotel dan penginapan di pulau Belitung tumbuh sangat pesat.
Dan beragam nama hotel pun digunakan oleh para investor.
Satu nama yang akrab di telinga adalah hotel atau penginapan dengan nama INN di belakangnya.
Sebut saja beberapa contoh diantaranya seperti Belitong INN di Jalan Sudirman dan BW INN di Jalan Sriwijaya, Tanjungpandan.
Ke depan jumlah hotel atau penginapan yang menggunakan INN bisa saja terus bertambah.
Namun apakah kalian tahu bagaimana asal mula munculnya nama INN dalam dunia perhotelan?
Baik.
Kali ini petabelitung.com coba kasih info sedikit ya.
Sumbernya dari buku berjudul Istilah-Istilah Dunia Pariwisata karya R.S. Damardjati, cetakan ketujuh tahun 2006 (edisi revisi).
Simak apa kata beliau berikut ini :

"INN Merupakan awal perkembangan hotel sebagaimana kita kenal sekarang. Mula-mula banyak dikenal di negeri Inggris, berujud rumah-rumah tempat tinggal keluarga biasa, yang terletak di tepi jalan-jalan utama atau persimpangan jalan raya, kemudian berhubung dengan ramainya lalu lintas, akhirnya dapat memberikan fasilitas-fasilitas menginap berikut atau tanpa makan kepada para musyafir (travelers) dengan bayaran. Dalam perkembangan selanjutnya Inn menyediakan pelayanan-pelayanan pula, makanan di tempat yang telah disediakan, air hangat, cara-cara administrasi dan pengurusan yang lebih business like, sehingga benar-benar merupakan perusahaan penginapan yang bertujuan komersil."

Nah sudah tahu kan guys.
Semoga bermanfaat yah.
Dan terus dukung pembangunan pariwisata Belitong.(*)

Foto ilustrasi: Hotel Belitong Inn di Jalan Sudirman Tanjungpandan, Belitung 28 Agustus 2019. Wahyu Kurniawan/repro petabelitung.com 2019.

Penulis : Wahyu Kurniawan
Editor : Wahyu Kurniawan
Sumber : petabelitung.com