Video Of Day

ads

Selayang Pandang

Profil KPSB Peta Belitung


KPSB Peta Belitung adalah singkatan dari Komunitas Pelestari Sejarah dan Budaya Peninggalan Tanah Belitung. Didirikan pada tanggal 28 Oktober 2017 oleh Wahyu Kurniawan, Eka Arista Apriza, dan Muchlis Abdul Hamid.
Tujuan awalnya bermula dari kesamaan minat pada diskusi sejara lokal di pulau Belitong. Kemudian pada Februari 2018 komunitas ini mulai masuk ke ranah penerbitan buku. Judul pertama buku yang dikelola oleh komunitas ini adalah Tambang Timah Belitong Dari Masa ke Masa Jilid 1 karya Wahyu Kurniawan.
Selanjutnya pada Januari 2019 KPSB Peta Belitung mulai serius mengembangkan portal web sejarah budaya melalui www.petabelitung.com. Pengembangan portal ini juga dibarengi pembuatan konten-konten media sosial untuk menjangkau lebih banyak kalangan millennial.
Hingga kini KPSB Peta Belitung masih dibiayai secara swadaya. Tanggal 14 Februari 2019 KPSB Peta Belitung membuka kantor baru di Jalan Sambas 1 RT 9 RW 3 Dusun Permai Desa Aik Ketekok, Kecamatan Tanjungpandan, Kabupaten Belitung, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung. Kantor ini juga sekaligus berfungsi sebagai ruang kreatif bagi sejumlah wirausahawan muda Belitong seperti TKY Production, Bedentum Photography, Intekno, dan CV Widanka Perdana.
Kami beharap bisa ikut memberikan sumbangsih nyata bagi daerah dan juga bangsa. Semoga harapan ini mendapat ridho dari Allah Subhanahu Wa Ta’ala. Aamiin.(*)