Video Of Day

ads

Selayang Pandang

Kik Cuan Melawan Limpai

PETABELITUNG.COM - Cerita ini disalin ulang dari buku berjudul Sastra Lisan Bahasa Melayu Belitung yang diterbitkan oleh Departemen Pendidikan dan Kebudayaan di Jakarta Pusat, tahun 1992. Simak cerita rakyat Belitong tentang Kik Cuan Melawan Limpai berikut ini:

KIK CUAN NGELAWAN LIMPAI

            Agiq duluqe ade sebua keluarge tige beranaq, diame de ume namee Kik Cuan. Mereka ne punye anaq noq bini namee Jerimai. Karene la dayang, Jerimai ne dekawinkan/depelakikan. Tika Jerimai ne baru uda penganten, ade urang begawai gede de simpang tige manggil urang beripat, beregong. Kik Cuan ne naq gi kundangan juaq ngeliat urang beripat teq. Make desoroela anak kan binie ne bekemas, supaye datange giq siang ke simpang tige, karene dari ruma belau ne ke simpang tige ne jarake jao. Sedang belau dudi pegie agiq naq ngaput lawang kandang ayam. La bekemas-kemas pegi, rupee Jerimai ne raga linga bekemase sehingge umaq kan lakie la berangkat duluq. Uji Kik Cuan “be, pegila mai, umaq kan laki kau teq la duluq ne?” Dejawab dari Jeremai “ye pak, biarla aku nyusul dudi, aku pun cepat bejalane”, lalu pegila Jerimai bejalan surang ngelalui rimbaq, datang de tenga jalan seruq-seruq umak kan lakie teq ndaq ade, rupee la jao, sehingge Jerimai bejalan gancang-gancang tapi tenga jalan betemu kan gadok gede noq biase depanggil urang situq Limpai, Jerimiah naq belari ketakutan tapi ndaq dapat, ahire Jerimai de tangkap dari Limpai teq, lalu demakane, rupee setela Jerimai ne demakan, ade ketinggalan selindang kan seputong jarie.

            Ari pun malam, jadi kisae Kik Cuan pun berangkat juaq mawaq solo, datang ke tenga jalan betemu kan selindang dan seputong jari Jerimai teq. Kik Cuan pun perasaannye ndaq nyaman, terus berjalan gancang-gancang ngacang ke simpang tige. Sekali datang de tempat urang begawai teq pun la ramai dan Kik Cuan ngencariq sanaq-sineq binie kan benantue, ahire betemu. Sekali deliat mimang ndaq ade Jerimai teq. Make betanyaq Kik Cuan kan binie, “Umake … mane Jerimai”. Dejawab binie, “Be… nang giq dudi ne kan ikam teq.” “ndaq ade die pun la duluq ngunser kau teq, ngape jaq ndaq betemu, ukan kitu, aku ne ndaq senang perasaan karene aku teq de tenga jalan ade ngendapat selindang Jerimai kan seputong jarie.” Lalu degarian keduaq bende itu teq kan binie juaq kan benantue ngendengar kejadian ini timbulla gelisa ketige urang itu.

            Make balikla ketige urang ne. Sampai ke tang isaq kejadian tadiq detunjokkan ule Kik Cuan kan binie. “Na…tang inila isaq aku ngendapat seindang kan seputong jari Jerimai teq.” Sampai de ruma mimang ndaq ade  Jerimai teq.

            Besoke perasaan Kik Cuan tetap ndaq puas, pegi pulaq ke tempat itu. Datang ke situq betemu kan Limpai teq. Limpai ne ngeran-ngeran nakuteq Kik Cuan decakap ek ule Kik Cuan: “Mimang kaula ngembinasekan anaq aku” Limpai teq nganggok Yakinla Kik Cuan mimang Jerimai teq la demakan dari Limpai ne, lalu Kik Cuan masang pejanjian: “Baikla aku betimpo tujo ari. Abis tujo ari kite datang pulaq ke sineq aku naq nuntut balas kematian anaq aku. Jadi kau datang juaq ke sineq kite ngadu kekuatan” Limpai teq pun nganggok.

        Setela tujo ari, Kik Cuan la nyiapkan pekakas, parang, tumbak, keris, noq ape-apela. Pegi ke tempat itu teq. Ndaq lamaq Kik Cuan nunggu la datang Limpai ne, make Kik Cuan pun nyerang, detumbake tapi ndaq narok jok badan Limpai ne. Uda itu Limpai pulaq nyerang, Kik Cuan pun ngilak, kitula begenti-genti serang-menyerang. Ahire senjate Kik Cuan pun abis bepataan Limpai pun ndaq mati, make petemporan berenti. Tika berenti ne Kik Cuan ngurak sire, tika itula Kik Cuan ne ngenaqan cucal idang ngembungkan Limpai agar die lema ndaq ngelawan. Senjate Kik Cuan sikoq-sikoqe agiq Gigi urak, Kik Cuan meratiqan tika betempo teq, make balau bepiker asaq belau nikam kan senjatee Limpai teq ngidar ke sebela kanan, mungkinla sebela kiriq kelemaannye. Jadi, tika petemporan bejalan agiq. Limpai teq nyerang, desusup ek de bawa perut lalu detumbak ule Kik Cuan makai gigi urak, baru masok, karene la lukaq Limpai pun ngenjerit sekuat-kuate sampai-sampai bediri bulu iriq mun urang ngendengare. Ahire Limpai pun ndaq giq ngelawan, mangkin lamaq mangkin lema uda itu reba. Sebelum Limpai teq mati, Kik Cuan giq sempat beseruq, “ha… inila Limpai kini kite bejanji, sampai ke anaq cucuq aku kelaq, ini bapaq lawan bapaq kelaq anaq lawan anaq.” Karene ade pesumpaan Kik Cuan kitu, mun ade cucuq Kik Cuan de tempat itu teq nyebut name Kik Cuan make kan dekeluarek dari Limpai naq ngelawan cucuk Kik Cuan teq, sampaila ke kitu teq, mun ade urang nyebut name Kik Cuan de tempat itu kan dekeluarek ule Limpai. Jadi sebagai pelajaran bagi kite gawe besumpa noq kire-kire kan ngembahayekan anaq cucuq kite kelaq usa debuat karene kan ngalangek idup kite.

Versi Bahasa Indonesia :

KIK CUAN MELAWAN LIMPAI

            Pada zaman dahulu ada sebuah keluarga tiga beranak, tinggal di kebun namanya Kik Cuan. Mereka ini mempunyai anak perempuan, namanya Jerimai. Karena sudah dewasa, Jerimai ini dikawinkan. Ketika Jerimai telah selesai melangsungkan perkawinan, ada orang berpesta besar di simpang tiga memanggil orang ‘beripat’, beregong. Kik Cuan ingin pergi ke pesta juga melihat orang beripat tadi. Maka disuruhnyalah anak dan istrinya berpakaian supaya datang agak siang ke simpang tiga, Karena ke simpang tiga ini jaraknya agak jauh dari rumah beliau. Sedangkan beliau perginya menyusul karena mau menutup pintu kandang ayam. Setelah bersiap-siap pergi, rupanya Jerimai ini agak lambat bersiap sehingga ibu dan suaminya berangkat lebih dahulu. Kata Kik Cuan, “ Be, pegila Mai, ibu dan suamimu tadi sudah pergi dahulu?” Dijawab Jerimai, “Ya…Pak, biarlah saya menyusul, Saya cepat berjalan. Lalu pergilah Jerimai berjalan seorang diri melewati hutan rimba. Ditengah jalan dipanggil-panggil ibu dan suaminya tetapi tidak ada, rupanya sudah jauh sehingga Jerimai berjalan cepat-cepat tetapi di tengah jalan bertemu dengan babi besar yang biasa dipanggil orang di situ Limpai. Jeramai ingin berlari ketakutan tetapi tidak dapat, akhirnya Jerimai ditangkap Limpai, kemudian dimakan. Rupanya setelah Jerimai dimakan Limpai, ada tertinggal selendangdDan sepotong jarinya.

            Hari pun malam, jadi kisahnya Kik Cuan pun berangkat juga membawa obor. Di tengah jalan bertemu dengan selendang dan sepotong jari Jerimai. Kik Cuan perasaanya tidak enak, terus berjalan cepat-cepat menuju ke simpang tiga. Setelah datang di tempat pesta orang sudah ramai dan Kik Cuan mencari di sana sini istri dan menantunya. Akhirnya bertemu, dilihatnya tidak ada Jerimai. Maka bertanyalah Kik Cuan dengan istrinya,”Be…mana Jerimai.” Dijawab istrinya,”Be…Jerimai memang perginya menyusul dengan kamu.” Tidak ada dia pun sudah duluan mengejar kamu tadi, mengapa tidak bertemu. Bukan begitu, saya tidak enak perasaan karena saya tadi tengah jalan menemukan selendang Jerimai Dan sepotong jarinya. Kemudian diperlihatkan kedua benda itu dengan istrinya dan menantunya. Mendengar kejadian ini timbullah kegelisahan ketiga orang ini.

            Maka pulanglah ketiga orang ini. Sampai ketempat kejadian tadi ditunjukkan oleh Kik Cuan dengan istrinya. Ditempat inilah saya menemukan selendang Dan sepotong jari Jerimai. Sampai dirumah tidak ada Jerimai.

            Keesokan harinya perasaan Kik Cuan tetap tidak puas, pergi lagi ketempat itu. Setiba di tempat itu bertemu dengan Limpai. Limpai ini meraung-raung menakuti Kik Cuan. Dikatakan oleh Kik Cuan,”memang engkau membinasakan anak saya.” Limpai mengangguk. Kik Cuan membuat perjanjian, “Baiklah saya minta waktu tujuh hari. Setelah tujuh hari kita datang lagi ke sini. Saya ingin menuntut balas atas kematian anak saya. Jadi engkau datang juga kesini, kita mengadu kekuatan.” Limpai itu mengangguk.

            Setelah tujuh hari, Kik Cuan sudah menyiapkan perkakas parang, tombak, keris, dan lain-lain. Pergilah Kik Cuan itu. Tidak beberapa lama Kik Cuan menunggu, datanglah Limpai, maka Kik Cuan menyerang menggunakan tombak tetapi tidak mengenai badan Limpai. Sesudah itu Limpai pun menyerang, Kik Cuan mengelak. Begitulah berganti-bantu serangan. Akhirnya senjata Kik Cuan patah dan habis, Limpai tidak mati, pertempuran berhenti. Ketika berhenti Kik Cuan mengunyah sirih. Pada saat itu Kik Cuan membacakan mantra untuk membungkam Limpai agar lemah tidak melawan. Senjata Kik Cuan satu-satunya adalah penumbuk sirih atau palu. Kik Cuan memperhatikan ketika bertempur. Beliau berpikir sewaktu beliau menusuk dengan senjatanya Limpai menghindar ke sebelah kanan, kemungkinan sebelah kiri kelemahan Limpai. Ketika terjadi pertempuran lagi, Limpai tadi menyerang, disusupi dibawah perut lalu ditombak Kik Cuan memakai gigi urak lalu masuk. Karena luka Limpai pun menjerit sekuat-kuatnya, sa….? Bulu roma kalau mendengarnya. Akhirnya Limpai tidak melawan, makin lama semakin lemah lalu roboh. Sebelum Limpai mati, Kik Cuan berkata, “Nah inilah Limpai sekarang kita berjanji, sampai ke anak cucu kita nanti, sekarang bapak lawan bapak nanti anak lawan anak.” Karena ada sumpah Kik Cuan begitu, kalau ada cucu Kik Cuan di tempat itu menyebut nama Kik Cuan maka akan datang Limpai untuk melawan cucu Kik Cuan. Sampai Sekarang kalau ada orang menyebut nama Kik Cuan di tempat itu akan didatangi Limpai. Jadi sebagai pelajaran bagi kita bersumpah yang akan membahayakan anak cucu kita nanti jangan dibuat, karena akan menghalangi hidup kita.(*)

Disalin oleh : Ajika Bonarta

Editor : Wahyu Kurniawan

Gambar ilustrasi: foto Haryanto. Gambar babi by www.cikimm.com. repro by petabelitung.com.