Video Of Day

ads

Selayang Pandang

Cerita Rakyat Belitong Tentang Putri Pinang Gading

PETABELITUNG.COM - Cerita rakyat Belitung dengan judul “Keramat Pinang Gading” ini akan meriwayatkan sosok Putri Pinang Gading, yang walhasil memiliki kaitan pula dengan asal mula terbentuknya daerah Belantu. Cerita rakyat Belitung tersebut ialah salah satu dari sekian banyak cerita rakyat yang dimuat dalam buku Sastra Lisan Bahasa Melayu Belitung (1992). Buku tersebut merupakan buah tulisan dari Tim Proyek Penelitian Bahasa dan Sastra Indonesia tahun 1987, yang berada di bawah naungan Departemen Pendidikan dan Kebudayaan. 

Menurut Tim Proyek Penelitian Bahasa dan Sastra Indonesia, sastra lisan/cerita rakyat Belitung sangat kental akan penggambaran sosial-budaya masyarakat Belitung pada masa lampau. Untuk lebih jelas soal cerita rakyat dalam buku Sastra Lisan Bahasa Melayu Belitung, bisa disimak pada cerita “Keramat Pinang Gading” berikut ini. Cerita tersebut kami tulis ulang sesuai dengan bentuk aslinya.

Cover dan sofcover buku Sastra lisan Bahasa Melayu Belitung terbitan Depdikbud tahun 1992. repro by petabelitung.com tahun 2020. 

Keramat Pinang Gading

Daq berape jao dari Gunong Beluru, de daera Kecamatan Membalong ade suatu kubok noq desebut Kelekaq Nange. De sanaq ade kuboran desebut Keramat Pinang Gading.

Kelekaq Nange itu ndela suatu kubok kecil noq de antarenye ade sikoq ruma noq desebut Belandongan. Atapnye daun nangaq noq desirat, belantai kayu gelegar belapis tuntong. De sanaq diam sepasang suami-istri noq depanggil dengan name Pak Inda dan istrinya Tumina. Mereka hidup kasi mengasi antare keduaqnye hingga tejalinla kerje same noq erat satu same lain. Setiap uasahe nog mereka lakukan, baik dalam keperluan dalam ruma maupun keperluan di luar ruma, selalu mereka bantu-membantu. Sang suami membantu istrie, sedangkan istri membantu suami, masing-masing tidaq perlu demintaq untuk memberikan bantuannye. Hingge setiap kesulitan dan setiap kekurangan selalu muda saja deatasi dan deslesaikan bersame-same, kate pepata. "Berat same dipikul, ringan same dejinjing".

Dalam bepergian pun sepasang suami-istri itu jarang ketinggalan pulaq laksana pelintang die setali, bagaikan sepasang burong tiung ke mane jantan ke mane betine, daq bepisa.

Mereka idup betanam padi ladang. Untuk setiap mereka ngambiq petiame julong yakni tiap bulan nyiur, mereka nugal padi, jagung, dan tanaman palawija lainne.

Selain dari beladang Pak Inda termasoq urang noq rajin berusahe de laut nangkap ikan. Untuk nangkap ikan de laut die berusahe membuat dan memasang siro. Siro ini debuatnye dari sejenis tanam yang denamai urang sineq resaman noq deayam. Siro itu depancangkan de laut dan daq berape jao dari pantai. Bentuqnye kimacam biliq-biliq atau ruang-ruangan noq panjang. Ruang-ruangan itu deberi pintu noq sempit kaloq ikan la masoq ke dalam itu daq dapat ke luar agiq. Siro itu tediri atas bagian-bagiannye dengan name (1) balas, (2) penuju, (3) kelingking, (4) bunun tenga, (5) bunun parik, dan (6) bunun mati.

La banyaq ikan masoq de dalamnye, barula ikan itu detangkapeq dengan menggunakan tanggoq siro noq kimacam raket pemain bulu tangkis/bola tenis.

Pada suatu ari, tatkala itu musim petani ngetam padi de ume, Pak Inda betare kan binie bahwa ia daq pegi ke laut ngenidau/ningoq siro kalau-kalau banyag dapat ikan. Die bekate kan binie, "Biar aku sendiriq pegi, kau diam de ruma sajaq ngenjemur padi".

Waktu itu aiq laut sedang berintaq (berangsung) surut. Waktu die bejalan de dalam aiq nuju ke ara siroe, kakie tesangkaq dengan sepotong bolu noq ayut kan sampa-sampa de laut. Bolu itu deambiqe dan delemparkane ke tengah laut agar ayut ke ara lain. Ketike die sampai dekat siroe, tekait pulag kakie kan sepotong bolu, deambiq dan deperhatikannye pulaq bolu itu. Tenyate bolu noq tadiq juaq lalu delimparkane ke ara belakang siro agar bolu itu ayut ke tempat lain nurut arut.

Die pun terus nanggoq ikan-ikan de dalam siroe. Alangkah gembirenye Pak Inda karene hari siro banyaq kenaq ikan. Selain ikan-ikan itu demasoqkan ke dalam ambong laine decucoqkan rutan. Sambil ngendadar ikan-ikan hasil siroe, sebagian agiq deambin dan detinting, die mengarungi lautan noq la surut nuju ke darat.

De tenga perjalanan itu tekait pulaq die kakie pada sepotong bolu dan setela itu peratian tenyate bolu noq perna tekait de kakie dalam perjalanan nuju siro tadiq. Telintas dalam pikiranne ane-ane sekali hal ini. Aiq laut sedang surut, lazimne bolu ini ayut ngikuteq arus, tapi kenyataannye ayut nyunsong arus. Pikirnye bolu ini bukan sembarang bolu atau sudah tentu sekurang-kurangnye ade sesuatu masalah yang bersangkut paut dengan bolu ini. Ahire deambiq bolu itu degunekan untuk memikul ikan noq diperole ari itu. Pade waktu makan siang Pak Inda menceritekan kepada binie tentang pikulan bolu noq depergunekan untuk mikul ikan dari laut tadiq. Oleh binie bolu itu degunekan untuk nindiq tikar jemuran padi agar daq begolong-golong detiup oleh angin.

Ketike itu ari Jumat. Mateari la tegelincir petande waktu lohor la tiba. Pak Inda sedang tiduq-tiduq bebantal sebang. Tiba-tiba bolu penggalang jemuran itu peca desertai letusan noq keras sekali dan dari belahan bolu noq peca itu lahirla surang bayi. Pak Inda dan binie tekejut bukan kepalang ngendengar letusan noq desertai tangis bayi. Dari muke sang bayi memancarkan sinar noq menyilaukan mate. Bayi itu langsung deambiq buq Tumina, de- gendong, demandikan serte deselimuteq kan kain. Buq Tumina meninaboboqkan bayi dengan nyanyian, "Anaqku, anaqku sayang, anaqkandung, anaq kandung sibiran tulang, obat jeri pelerai demam. Suda anaqku jangan menangis anaqku sayang! Pantasla sejaq kemariq umaq tiduq daq nyenyaq makan daq kenyang rupee akan kedatangan anaqku sayang". Anaq ini denameéq dari Pak Inda dan istrie Putri Pinang Gading.

Delapan taun la belalu, putri keciq sehat walafiat dalam asuhan Maq Tumina. Kesukaanne bemain ngembuat pana-penaan kan busure. Hingge ahire die jadi surang anaq noq pandai benar dalam memana. La beumor limaq belas taun, die ngenjadi pemburu noq ndak ade tandingane. Panae ndak isaq meliset. Setiap ari die pegi beburu tetap ngembawaq asele. Tingka lakue seari-ari sangat menyenangkan keduaq urang tuee dan selain itu keduaq laki binu ngerase selamaq ngaso putrie itu rezeki sangat demurakan ole Yang Maha kuase. Asel tanaman dan asel nangkap ikan selalu meningkat dan segale ueabe mereka berasel dengan memuaskan. Make semangkin kase dan sayangla keduaq laki bini itu kepade putrie.

Kunoqe dalam cerite raqyat Kelekaq Remban, suatu perkampongan noq setiap taun detimpaq bencane, noq detimbulkan benatang dahsat bebontuq burong raksasa. Burong itu kabare idup de pegunongan Bita de sebela timur Danau Ranau. Perna terjadi burong itu nelan manusie dan ngembinasekan penghuni Kelekaq Remban, hingge pendudoq noq agiq selamat nyembunyeqkan diriq de dalam gue de cela-cela gunong de daera itu. Ahere untuq ngenghindar serangan noq datange selalu secare tibe-tibe, ruma de Kelekaq Remban memakai Remban, yaitu kayu-kayuan noq desusun dan dejalin kan rutan-rutan sega atau berebat. Penghuni Kelekaq Remban menamekan burong raksasa itu Burong Garuda. Kunon kabare Burong Garuda itu bekepalaq tujo, Berite malapetake noq nimpaq penghuni Kelekaq Remban tersebar ke seluru daera-daera sekitare. Pendudoq de daera lain noq ngendengar berite itu ngerasae kasean serte hawatir kaloq-kaloq daera mereka pun ngendapat gileran deserang Burong Garuda.

Alkisa Putri Pinang Gading la beumor 21 tahun. Die pun ngendengar berite mengenaeq musiba noq nimpaq pendudoq de Kelekaq Remban. Tergeraq de dalam atie ndaq ngemberiq bantuan kepade penghuni Kelekaq Remban. Make desiapkanla beberape pucuq anaq pana noq deujonge la deberiqkan racun noq benar-benar bebise. Ngenjelang waktu ari bulan noq same, kebiasaan datang sang Garuda, Putri Pinang Gading besiap-siap untuq berangkat. Kepade keduaq urang tuee, die mintaq izin serta memohon due restu agar die selamat pegi dan selamat kembali, Die berangkat nuju Kelekaq Remban surang diriq. De sanaq die nyiapkan diriq nunggu waktu datange burong raksasa Garude itu.

Suatu ketike dengan serte-merte gelapla alam sekitar Kelekaq Remban. Semue pendudoq lari puntang-panting nyelamatkan diriq ke dalam gue-gue de sekitar tempat itu. Putri Pinang Gading mulee lum sadar, ketike nyaksikan pendudoq lari ketakutan ngencariq tempat-tempat pelindongan. Tapi die ngeliat ke langit keliatanla sikoq burong raksasa noq ajaib turun dari angkase. Seketika itu juaq die sadar dan dengan secepat kilat delepaskane anaq pana dari busure. Pana itu tepat kenaq dade burong raksasa itu dan seketike itu juaq gugorla sang Garude ke bumi. De tempat jatuqe burong tersebut kunoqe sampai sekarang ini ngenjadi sebua batang aiq dengan tujo kepalaq. Anag pana putri noq nancap de dade burong raksasa itu ahere tumbo ngenjadi serumpun bulo temiang dengan subor.

De suatu ari datangla surang nelayan ngencariq bulo itu untuq jaor pancing. Bulo temiang noq tumbo suber itu deputinge. Tapi malang bagi si nelayan itu tibe-tibe jatuk tekapar mati. Make surang pendudoq de tempat itu bekata, “Itulah bulo itu ukan sembarang bulo tapi adelah bulo antu”. Sejak peristiwa itu, daera itu denameeq Belantu dari asal kate bulo antu. Daera ini juaqla noq lebe duluq de Pulau Belitong dediameq raje-raje, seperti hale raje 1 sampai dengan 3 noq diam de sanaq sebagai raje Belantu. Untuq keempate daera itu dijadikan Ngabehi Belantu dan kelimaqe Ngeabehi Belantu bergelar Kiai Agus.

Demikian cerita rakyat Belitong tentang Keramat Pinang Gading. Cerita rakyat ini ditulis ulang oleh Dony Agustio Wijaya, mahasiswa UNY yang magang di kantor KPSB Peta Belitung. Semoga bermanfaat.(*) 


Penulis: Dony Agustio Wijaya

Editor : Wahyu Kurniawan

Sumber: petabelitung.com