Video Of Day

ads

Selayang Pandang

Gerubox Film Raih Juara 1 Lomba Film Dokumenter, Kemas Sejarah Pertambangan Belitong dengan Judul Black Teasing

PETABELITUNG.COM - Video berdurasi 14.06 menit diputar lewat sebuah laptop yang dibawa oleh empat orang pemuda di kantor KPSB Peta Belitung, Jumat (14/8/2020) malam. Mereka tampak bersemangat ingin menunjukkan hasil karyanya yang digarap dalam waktu sebulan terakhir.

Adegan pertama menggambarkan seorang pria tua yang sedang memperbaiki radio dengan timah solder. Setelah radio berhasil diperbaiki, pria tua itu kemudian mencoba mencari siaran. Sampai kemudian muncul siaran yang menarasikan sejarah pertambangan timah di Belitung. Dari narasi itulah selanjutnya isi video berkembang dengan berbagai ilustrasi, baik rekaman hitam putih maupun video syuting terkini.

"Judulnya Black Teasing. Artinya hitam menggoda," kata Beny Setiawan (25) sang producer.

Variasi angle dalam film dokumenter Black Teasing sangat beragam. Sang Sutradara Indrawanto (23) memaksimalkannya dengan penggunaan drone.Hasil syuting kemudian diramu oleh editor Megy Rahmat A (24) dengan sentuhan sejumlah efek dan paduan suara narator Efriawan Mahersa.

"Tak terasa satu bulan berlalu dari yang awalnya kami ke sini dengan kondisi tidak tahu sama sekali tentang sejarah pertambangan, sampai akhirnya bisa menyelesaikan film dokumenter ini," kata sang penulis naskah Muhammad Faisal (26).

Latar film dokumenter Black Teasing mencakup wilayah Pulau Belitung. Antara lain Kulong Keramik, Open Pit Nam Salu, Selinsing, Lenggang, Gantung, Situs Mentikus, Gusong Bugis, Tanjung Kelayang, Tambak Ikan Nila Berjaya Aik Seruk, Pelabuhan Perikanan Nusantara Tanjungpandan, Gunong Lilangan, Tanjung Pendam, dan Jeramba Kubu. 

Kedatangan tim Gerubox Film ini dilakukan setelah selesai mengumpulkan hasil karya kepada panitia lomba. Mereka optimis bisa memenangkan lomba yang digelar oleh UPT Museum Kabupaten Belitung tersebut.

Optimisme mereka pun akhirnya terjawab. Pada hari Selasa (25/8/2020) panitia mengumumkan nama-nama pemenang dan film Black Teasing berhasil keluar sebagai juara 1. Disusul juara 2 dengan judul Sang Pendiri, juara 3 Sebuah Tanya, dan Harapan 1 dengan judul Pemahat Batu Timah.

Benny mengabarkan, pemutaran film rencananya akan dilaksanakan di Gedung Nasional pada hari Rabu (2/9/2020) malam. Tim Gerubok Film mengucapkan terima kasih kepada KPSB Peta Belitung yang telah memberikan refrensi dan arahan selama penggarapan film Black Teasing. Selanjutnya mereka berencana akan segera menggarap film dokumentar lain dengan tema budaya.(*)


Penulis : Wahyu Kurniawan

Editor : Wahyu Kurniawan

Sumber: petabelitung.com