Video Of Day

ads

Selayang Pandang

Lokasi 4 Tambang Timah Pertama yang Dibuka di Belitung Timur Tahun 1861

PETABELITUNG.COM - Zaman N.V Billiton Maatschappij dimulai dengan membuka empat tambang timah baru di wilayah Pulau Belitung bagian timur. Tambang pertama yang dibuka adalah Meranteh di Distrik Lenggang. Pembukaan tambang No.1 ini dimulai pada bulan Mei 1861. Setelah itu dibuka tambang nomor 2 Air Garam, nomor 3 Air Damar, dan nomor 4 Bogor.

Keterangan ini diperoleh dari buku berjudul De Tinmijnen op Billiton Tot Ultino 1861. Buku tersebut ditulis oleh Hoofd-Administrateur N.V Billiton Maatschappij, F.W.H. von Hedemann dan dipublikasikan pada tahun 1862.

”Pada Distrik Lingang, tebat dan bandar tambang di Ajer Merante selesai dan pembilasan dimulai.Para kuli yang digunakan di sini dipindahkan ke lokasi di Ajer Garam di mana tambang kedua ditambang. Tidak jauh dari Boerong Mandi, di Soengei Lolo, telah ditemukan dataran kaya yang paling cocok untuk dieksploitasi, tambang No.3 dibangun di sini di Ajer Damar. Dari Buitenzorg, melalui perantara Komisaris, 32 orang Tionghoa tiba di Tandjong Pandan, yang ditempatkan di Soengei Lolo dan di sana tambang No. 4 Bogor ditambang.” Demikian kata Hedemann dalam laporannya pada 1 Januari 1862.(*)

Penulis : Wahyu Kurniawan

Editor : Wahyu Kurniawan

Sumber: petabelitung.com