Video Of Day

ads

Selayang Pandang

KPSB Peta Belitung Temukan Fakta Ajaib Pasca Penelusuran Kuboran Setampin


PETABELITUNG.COM - Belum genap satu bulan penelusuran di situs Kuboran Setempin di Jalan Akil Ali Lingkungan Gunong Payong Kelurahan Pangkallalang, Belitung. KPSB Peta Belitung kini menemukan sebuah fakta ajaib yang berkaitan dengan makam kuno tersebut.
Berdasarkan penelusuran petabelitung, ternyata ada satu peristiwa yang menghebohkan  di Desa Teluk Selong, Kecamatan Martapura Barat, Kabupaten Banjar, Provinsi Kalimantan Selatan (Kalsel) pada November 2017 lalu.
Kehebohan itu terjadi akibat penemuan ratusan makam kuno di desa tersebut. Sejumlah media lokal maupun nasional bahkan ikut memberitakannya. Pasalnya warga menyebut beberapa makam kuno tersebut mengeluarkan bau wangi.
Sejumlah pejabat dan tokoh masyarakat setempat juga ikut mengunjungi situs makam kuno yang terletak di daerah tepian sungai tersebut. Balai Arkeologi Banjarmasin kemudian turun lapangan dan menemukan sejumlah nisan yang salah satunya bertarikh 1168 hijriah atau 1754 masehi. Sedangkan menurut pembacaan warga, salah satu makam tampak bertuliskan 622 hijriah atau 1225 masehi.
Dikutip dari laporan banjarmasin.tribunnews.com, Ketua Juriat Pangeran Hidayatulah, HG Sofwan Hilmi juga mengunjungi makam kuno tersebut. Ia menjelaskan batu nisan yang ada di komplek pemakaman kuno tersebut menandakan keberadaan makam pangeran,  putri dan juga  habib.
Menurutnya, nisan yang bulat adalah pangeran dan yang pipih adalah yang putri.
"Sedangkan, yang kaya cengkeh persegi empat itu makam habib. Sedangkan, yang ujungnya meruncing itu makam mufthi. Cukup banyak keluarga kerajaan bermakam di sini," kata Sofwan.
Sayang petabelitung.com belum mendapatkan gambar yang jelas mengenai keterangan dari Ketua Juriat Pangeran Hidayatulah tersebut. Namun bila diperhatikan secara sepintas, tampak jelas beberapa nisan di makam kuno Telok Selong itu mirip seperti makam kuno di Setampin.
Demi membantu kalian mendapatkan gambaran mengenai kemiripan tersebut. Petabelitung akan memberikan perbandingan gambar antara nisan di Telok Selong, Banjar dan nisan di Setampin, Tanjungpandan.
Foto-foto makam kuno Telok Selong ini diperoleh lewat aplikasi google maps.
Dalam aplikasi tersebut terdapat satu tanda titik lokasi makam yang dinamai Makam Wangi Telok Selong.
Foto-foto makam tersebut berasal dari akun bernama abdur rahman dan diposting pada Januari 2018. Kondisinya sudah jauh lebih bersih bila dibandingkan sikon saat ditemukan pada akhir tahun 2017.
Seperti apa gambarannya?
Simak foto-fotonya berikut ini :

Situs makam kuno Telok Selong, Banjar. Google/repro petabelitung.com 2019.

Beberapa nisan di situs makam kuno Telok Selong, Banjar yang terlihat mirip seperti nisan di Belitung. Google/repro petabelitung.com 2019.

Perbandingan nisan di situs makam kuno Telok Selong, Banjar dan nisan situs Kuboran Setampin, Belitung. Google/repro petabelitung.com 2019.

Tampak dalam lingkaran yang ditunjuk oleh panah merah pada gambar ini adalah Gugun seorang warga Jalan Akil Ali yang ikut kegiatan penelusuran situs Kuboran Setampin. Nisan yang sedang dipandangi Gugun tersebut adalah makam yang dianggap sebagai Keramat. Sedangkan foto sebelah kanan adalah nisan di situs makam kuno Telok Selong.
Jarak antara situs Kuboran Setemapin dan Telok Selong. Google/repro petabelitung.com 2019.

Bagaimana guys? Ajaibkan.
Mengherankan karena kedua daerah terpaut jarak 801 kilometer ini memiliki bentuk nisan yang hampir sama percis.
Agar kalian punya pandangan yang baik dalam melihat fakta tersebut.
Ada baiknya kalian juga membaca artikel-artikel terkait berikut ini :

Menilik Hubungan Kuno Belitung dengan Sumatera Barat dan Kalimantan Selatan, Ada Kisah Orang Putih di Dalamnya

Benarkah Islam di Pulau Belitung Telah Berusia 1000 Tahun? Simak Penjelasannya

Menelisik Jejak Datuk Keramat Setampin di Lingkungan Gunong Payong, Kelurahan Pangkallalang

Ini Kumpulan Foto Penelusuran Makam Kuno Setampin di Belitung

Ini Petunjuk Lokasi Makam Kuno Setampin, Ternyata Cuma 2 Kilometer dari Pusat Kota

Arti kata ajaib dalam kamus besar bahasa Indonesia. kbbi.kemdikbud.go.id/repro petabelitung.com 2019.


Nah cukup sekian dulu ya guys untuk sementara ini.
Nanti bakal ada sambungannya lagi dan tentunya tak kalah menarik.
Oiya, Jangan lupa like dan share fanspage petabelitung.com.
Semoga bermanfaat.(*)


Penulis : Wahyu Kurniawan
Editor : Wahyu Kurniawan
Sumber : petabelitung.com