Video Of Day

ads

Selayang Pandang

Ini 5 Kemiripan Antara Situs Makam Kuno di Pulau Belitung dan Makam Wangi Telok Selong Kalimantan Selatan


PETABELITUNG.COM - Pada tahun 2017 lalu ditemukan sebuah situs pemakaman kuno di Desa Telok Selong, Kecamatan Martapura Barat, Kabupaten Banjar, Provinsi Kalimantan Selatan (Kalsel). Beberapa makam tersebut terdapat makam yang disebut menebar bau wangi sehingga kemudian komplek tersebut dikenal dengan nama Makam Wangi Telok Selong.
Berdasarkan pengamatan petabelitung, ternyata terdapat sejumlah nisan dan pola penempatan makam yang sama antara Makam Wangi Telok Selong dengan makam-makam kuno yang ada di pulau Belitung.
Sebaran makam kuno di pulau Belitung yang mirip dengan Makam Wangi Telok Selong juga cukup luas. Mulai dari Tanjungpandan, Sungai Padang Kabupaten Belitung sampai ke Buding, Kabupaten Belitung Timur.
Pada umumnya kemiripan tersebut bisa dikenali lewat material nisan, yakni sama-sama menggunakan bahan baku berupa batu granit. Selanjutnya bentuk nisan di kedua makam tersebut juga nyaris sama, yakni mulai berbentuk silinder sampai pipih.
Seperti apa gambarannya?
Yuk simak perbandingannya berikut ini :
1. Padang Nek Siawe, Sungai Padang


2. Kuboran Aik Pute, Buding

3. Kuboran Cengal, Sijuk


4. Kuboran Setampin


Baca Konten Terkait : KPSB Peta Belitung Temukan Fakta Ajaib Pasca Penelusuran Kuboran Setampin

5. Kertak dan Atap Sirap
Situs Makam Wangi Telok Selong terletak di Jalan Kertak Baru. Seperti yang diketahui dalam bahasa Belitong juga dikenal kata Kertak yang artinya sama-sama jembatan. Perhatikan juga material atap rumah di jalan tersebut yang sama seperti atap sirap Ruma Panggong kuno di pulau belitung. google/repro petabelitung.com.


Penulis : Wahyu Kurniawan
Editor : Wahyu Kurniawan
Sumber : petabelitung.com