Video Of Day

ads

Selayang Pandang

Ini Awal Munculnya Inspirasi Linda Clayton Membangun Resort Bertema Kampung Melayu Belitong



PETABELITUNG.COM - Nama Linda Clayton kini menarik perhatian media sosial Belitung. Pasalnya putri daerah ini sekarang mengembangkan resort yang mengusung rumah-rumah panggung tradisional.
Tempat ini rencananya akan dinamai Rock and Wreck Dive Resort. Pembangunannya dilakukan sejak Februari 2018 lalu dan akan diresmikan dalam beberapa bulan ke depan.
Perempuan kelahiran Belitung ini sempat lama tinggal di Bali dan Amerika Serikat. Suaminya yang warga Amerika Serikat kemudian ikut pulang ke Belitung pada tahun 2006 lalu.
Setelah berkeliling ke kampung-kampung, suaminya pun tertarik melihat rumah-rumah panggung. Menurut suaminya, betuk rumah panggung Belitung sangat unik, dan kontrsuksi rangka-rangkanya juga mengesankan.
"Orang-orang di luar negeri memang suka hal-hal seperti itu, yang sifatnya khas dan orisinil, Tante tahu karena dulu kami juga jualan furniture-furniture antik di Amerika," ungka Linda.
Pada sisi lain, saat di Bali mereka pernah melihat pengembangan resort dengan mengusung rumah-rumah adat. 
Lantas keduanya pun berpikir untuk mengembangkan hal serupa di Belitung sekaligus melestarikan rumah panggung yang mulai ditinggalkan.
"Om melihat, seiring perkembangan zaman, rumah-rumah tersebut akan hilang karena diganti rumah-rumah beton, jadi akhirnya kita putuskan untuk membeli rumah-rumah tersebut agar tetap lestari, dan memunculkan kesan kampung Melayu pada resort ini," kata Linda.(*)

Penulis: Wahyu Kurniawan
Editor: Wahyu Kurniawan
Sumber: petabelitung.com.