Video Of Day

ads

Selayang Pandang

Kerajaan Balok - Part 1



Secara fisik, peninggalan kerajaan Balok boleh dibilang sangat minim. Namun ketiadaan bekas tiang kraton, prasasti, ataupun gapura tidak begitu saja menggugurkan eksistensinya dalam sejarah kerajaan-kerajaan di nusantara. Sebab tanpa disadari bekas-bekas peninggalan dari masa kerajaan tersebut masih bisa dijumpai hingga sekarang.

Demikian satu kutipan dalam bab IX buku Kerajaan Balok yang diterbitkan oleh Dinas Perpustakaan Kabupaten Belitung Timur, 2017. Simak paparan selengkapnya berikut ini :


Kata Pengantar

Segala puji bagi Allah Subhanahu Wa Ta’ala karena berkat ridho-Nya Buku ‘Kerajaan Balok’ akhirnya bisa diwujudkan. Buku ini adalah buah dari kegiatan ‘Dokumentasi Objek Bersejarah/Vital dan Penting Lainnya’ dari Dinas Perpustakaan Kabupaten Belitung Timur, tahun anggaran 2017.
Proses penulisan buku ini melibatkan Tim Penyusun yang merupakan panitia pelaksana kegiatan ‘Dokumentasi Objek Bersejarah/Vital dan Penting Lainnya’ yang ditetapkan dengan Keputusan Bupati Belitung Timur nomor : 188.45-287 tahun 2017. Tim ini bertugas mengumpulkan data dan mendokumentasikan objek bersejarah di Kabupaten Belitung Timur, khususnya yang terkait dengan sejarah kerajaan Balok.
Pengumpulan data dilakukan lewat kegiatan observasi, wawancara, studi pustaka, dan penelitian lapangan. Observasi dan wawancara yang dilakukan dengan mengunjungi sejumlah lokasi terkait kerajaan Balok mulai dari wilayah Kabupaten Belitung Timur sampai Kabupaten Belitung. Sedangkan studi pustaka dilakukan dengan memanfaatkan buku-buku dan dokumen yang diperoleh di Belitung sampai ke perpustakaan Kraton Yogyakarta.
Kehadiran buku ini diharapkan dapat melengkapi literatur tentang Kerajaan Balok yang telah ada sebelumnya. Sedangkan sejumlah kekurangan yang ada dalam buku ini ke depan perlu diperbaiki. Contohnya soal pemanfaatan buku-buku asing berbahasa Belanda yang sebagian masih diterjemahkan secara bebas. Kedalaman dari setiap konteks masalah juga masih perlu dikembangkan pada masa-masa selanjutnya.
Terima kasih disampaikan kepada Bupati Belitung Timur, Yuslih Ihza dan Wakil Bupati Belitung Timur Burhanudin yang telah memberikan dukungannya begitu besar untuk kegiatan ini. Terima kasih juga kami sampaikan kepada para narasumber dan semua pihak yang begitu antusias mendukung penyusunan buku Kerajaan Balok. Semoga peran serta semua pihak ini mendapat ganjaran yang setimpal dari Allah Subhanahu Wa Ta’ala.
Aamiin.

Manggar, 28 Oktober 2017
Daftar Isi
Kata Pengantar............................................................................. iii
Daftar Isi......................................................................................... vi

Bab I Kerajaan Berbasis Industri........................................... 1
Bab II Menghadapi Ekspedisi VOC........................................ 8
Bab III Perpindahan Pusat Kerajaan................................. 23
Bab IV Tata Pemerintahan Kerajaan Balok.................... 29
Bab V Kehidupan Masyarakat di Kerajaan Balok......... 35
Bab VI Masa Surut Kerajaan Balok..................................... 41
Bab VII Peninggalan Terakhir Kerajaan Balok.............. 59
Bab VIII Asal Usul Nama Kerajaan Balok........................ 67
Bab IX Penelitian Tentang Kerajaan Balok..................... 73

Lampiran....................................................................................... 81
Daftar Pustaka............................................................................ 94

Baca sambungannya :
Kerajaan Balok - Part 2
Kerajaan Balok - Part 3
Kerajaan Balok - Part 4
Kerajaan Balok - Part 5
Kerajaan Balok - Part 6
Kerajaan Balok - Part 7
Kerajaan Balok - Part 8
Kerajaan Balok - Part 9
Kerajaan Balok - Part 10