Video Of Day

ads

Selayang Pandang

Kumpulan Foto Jadul Penyembelihan Hewan Kurban dan Salat Ied Idul Adha di Belitung Timur


PETABELITUNG.COM - Berikut ini adalah kumpulan foto bertema Idul Adha di Belitong tempo dulu. Foto ini berlatar di Kota Manggar, Ibukota Kabupaten Belitung Timur, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung.
Petabelitung.com memperoleh foto ini dari saudara Dian di Manggar. Foto tersebut merupakan koleksi kakeknya. Foto-fotonya menggambarkan pelaksanaan Salat Ied Idul Adha dan penyembelihan hewan kurban, sapi.
Sayang tidak ada keterangan tahun dan tempat pelaksanaan Salat Ied Idul Adha dan penyembelihan hewan kurban tersebut. Namun ada satu petunjuk yang memungkinkan kita untuk menganalisa lokasi. Petunjuk itu yakni bangunan EC (Electrische Centrale) yang merupakan pembangkit listrik tenaga disel di kaki bukit Samak, Desa Lalang, Manggar.
Bila merujuk pada tanda tersebut, kemungkinan foto Salat Ied Idul Adha dan penyembelihan hewan kurban berada di Jalan Gajah Mada sekitar Kopi Marko.
Perhatikan gambarnya berikut ini :




Denah perkiraan lokasi salat Ied. Panah biru menunjuk AC dan panah merah menunjuk perumahan Timah. Kemungkinan pelaksanaan salat Ied berlangsung di titik lokasi antara dua panah tersebut. Namun ini baru asumsi dan masih butuh kajian lebih lanjut. Sumber peta: Google. repro by petabelitung.com tahun 2020.

Total ada lima foto jadul bertema Idul Adha yang diterima petabelitung.com dari saudara Dian. Belum ada keterangan apakah semua foto tersebut berlatar pada waktu dan tempat yang sama atau tidak. 
Namun yang pasti koleksi ini memberikan kita satu pandangan yang berharga mengenai perayaan Idul Adha di Belitong tempo dulu.
Semoga bermanfaat.(*)

Penulis : Wahyu Kurniawan
Editor : Wahyu Kurniawan
Sumber: petabelitung.com




Baca Artikel Terkait: