Video Of Day

ads

Selayang Pandang

Pemandangan di Depan Jam Gede Tempo Dulu, Ternyata Ada Gapura Bertuliskan Aksara Mandarin


PETABELITUNG.COM - Jam Gede adalah ikon Kota Tanjungpandan yang dibangun pada era kolonial Belanda. Kebanyakan foto tentang Jam Gede tempo dulu selalu mengambil sudut pandang ke arah bangunannya. Namun baru-baru ini petabelitung.com mendapatkan satu foto yang memberikan perspektif lain, yakni pemandangan di depan Jam Gede.
Informasi tentang foto ini diperoleh dari saudara Dian di Manggar dan merupakan koleksi Pak Zikril yang sekarang menjabat sebagai Kepala Satpol PP Kabupaten Belitung Timur.
Dalam foto tersebut terdapat keterangan si empunya foto yakni Dirk Laurent Mamba dan Frederika Rebecca. Simak fotonya berikut ini :

Pemandangan di depan Jam Gede tempo dulu. dok.Dirk Laurent Mamba dan Frederika Rebecca. repro by petabelitung.com tahun 2020.

Sebuah gapura bertuliskan aksara Mandarin di depan Jam Gede tempo dulu. dok.Dirk Laurent Mamba dan Frederika Rebecca. repro by petabelitung.com tahun 2020.


Salah satu objek menarik dalam foto di depan Jam Gede tempo dulu ini adalah gapura bertuliskan aksara Mandarin. Gambaran itu mengingatkan kita pada gapura Gang Kim Ting yang sekarang berada di pasar Ikan Tanjungpandan.
Tentu saja gambaran ini membuat kita pangling. Lalu apa sebetulnya arti aksara Mandarin yang tertulis pada Gapura tersebut.
Petabelitung.com kemudian mengontak Ishak Holidi, seorang tokoh dari masyarakat Tionghoa di Tanjungpandan, Belitung.
Beliau meminta waktu untuk mengecek tulisan tersebut kepada rekannya. Tak lama kemudian akhirnya diketahui bahwa gapura tersebut berada di pasar.
"Tulisan itu berbunyi Wang You Yiu Li artinya Tempat Yang Beruntung atau sama dengan pusat dagang," ungkap Ishak kepada petabelitung.com.
Seperti yang diketahui, di seberang jalan depan Jam Gede pada awalnya memang merupakan pasar yang dibangun pada tahun 1868. Artinya, keberadaan pasar itu sudah lebih dulu dibandingkan Jam Gede. Hal ini bisa kita lihat dalam peta Tanjungpandan tahun 1878 dan 1894.

Lokasi pasar dalam Peta Tanjungpandan tahun 1878 ditunjukkan dengan tanda nomor 9. KITLV/repro petabelitung.com.

Lokasi pasar dalam Peta Tanjungpandan tahun 1894. KITLV/repro petabelitung.com.

Lokasi pasar dalam Peta Tanjungpandan tahun 1951. Tampak dalam peta ini sudah tergambar keberadaan Jam Gede.

Lokasi bangunan pasar Tanjungpandan dulu berada di areal Tugu Satam sekarang. Pasar itu kemudian dirombak menjadi taman kota pada tahun 90-an dan kemudian dirombak lagi menjadi areal Tugu Satam pada tahun 2010 lalu.
Nah sementara cukup ya guys artikel tentang pemandangan di depan Jam Gede tempo dulu. Nanti kita sambung dengan foto-foto pasarnya.
Ikuti terus petabelitung.com.
Kabari juga sahabat kalian agar bukan kalian saja yang tau.
Semoga bermanfaat.(*)

Penulis : Wahyu Kurniawan
Editor : Wahyu Kurniawan
Sumber: petabelitung.com

Baca artikel terkait: