Video Of Day

ads

Selayang Pandang

Link Video Lawas Manggar Tahun 1938, Ada Juga Potret Masa Lalu Hotel Billiton dan Jam Gede


PETABELITUNG.COM - Video berikut ini dibuat pada tahun 1938 dan merupakan koleksi asli dari Taylor-Wharton Iron and Steel Company photographs and films.
Secara keseluruhan video berdurasi enam menit ini menggambarkan kegiatan kapal keruk di pulau Bangka dan pulau Belitung.
Khusus di wilayah Belitung, video tersebut merekam situasi pelabuhan dan kantor pusat timah yang sekarang jadi objek bersejarah Jam Gede.
Selain itu ada pula pemandangan patung Barongsai di halaman Rumah Kapiten Ho, yang pada masa itu berfungsi sebagai Societeit atau gedung berkumpul. Sekarang gedung itu menjadi Hotel Billiton dan kantor Garuda Indonesia.
Tak hanya wilayah Tanjungpandan, video ini juga menggambarkan kegiatan penambangan di Manggar, serta kondisi bengkel Lipat Kajang.
Untuk melihat video lengkapnya.
Klik link di bawah ini :

Video Lawas Babel Tahun 1938

Video ini diunggah dalam website www.hagley.org yakni sebuah laman milik Hagley Museum and Library.
Mereka berbasis di Wilmington, Delaware, Amerika Serikat.
Museum dan Perpustakaan Hagley, adalah sebuah organisasi nirlaba yang telah diakreditasi oleh Aliansi Museum Amerika sejak 1972.
Dan video di atas adalah sebuah video dengan judul D dredge, Far East.
Sekian dulu ya guys informasinya.
Semoga bermanfaat.(*)

Screenshoot video berjudul D dredge, Far East dengan latar patung barongsai di gedung Societeit yang sekarang menjadi Hotel Billiton. www.hagley.org/repro petabelitung.com 2020.
Screenshoot video berjudul D dredge, Far East dengan latar judul bagian Manggar. www.hagley.org/repro petabelitung.com 2020.


Penulis : Wahyu Kurniawan
Editor : Wahyu Kurniawan
Sumber: petabelitung.com