Video Of Day

ads

Selayang Pandang

Sejarah Pembangunan Pariwisata Pulau Belitung pada Zaman Kolonial Belanda



PETABELITUNG.COM - Sejak kapan pembangunan sektor pariwisata pulau Belitung dimulai?
Jawabannya adalah sejak awal abad ke-20.
Setidaknya jawabannya ini bersandar pada pembangunan hotel di Tanjung Pandan dan Manggar pada kuarter pertama tahun 1900.
Pembangunannya dilakukan oleh perusahaan tambang timah NV. Gemeenschappelijke Maatschappij Billiton (GMB).
Kedua foto hotel tersebut dimuat dalam buku Gedenkboek Billiton tahun 1927.
Hotel di Tanjungpandan dan Manggar memiliki sistim pavilium dengan jumlah kapasitas masing-masing sebanyak 12 kamar berikut wastafel di dalamnya.
Hotel tersebut diurus oleh pegawai tersendiri yang memiliki gaji tetap dari perusahaan GMB dan juga dari ongkos inap para tamu.
Mengenai latar belakang pembangunannya dapat kita ketahui dalam keterangan yang dicantumkan dalam buku Gedenkboek Billiton berikut ini :
"Belitung selalu diperhatikan oleh para pengusaha, maka akomodasi hotel harus ada, karena pesanggrahan-pesanggrahan milik pemerintah terlalu kecil dan kebanyakan digunakan oleh para inspektur dari berbagai dinas yang ada di Belitung,"
Mengenai fasilitas lain yang juga berkaitan adalah pembangunan gedung pertunjukkan. Gedung ini dibangun pada tahun 1917 dengan biaya lembaga keuangan kota dan bantuan perusahaan NV Billiton Maatschappij (BM). Kemudian pada tahun 1925 dibangun gedung bioskop di Tanjungpandan dan Manggar.
Namun mungkin satu hal ini yang mengawali pembangunan segala infrastruktur pendukung pariwisata tersebut.
Apa itu?
Jawabannya adalah komunikasi.
"Hubungan telegram pada tahun 1903-1904 mengakui Belitung sebagai daerah lalu lintas dunia dan membawa Belitung dan direksi di negeri Belanda juga saling mendekat," kata salah satu kutipan dalam buku Gedenkboek Billiton tersebut.

Hotel di Tanjungpandan. Keterangan asli dalam foto ini ditulis : Het hotel te Tandjong Pandan. repro petabelitung.com, 2018/Gedenkboek Billiton tweede deel, 1927.

Hotel di Manggar. Keterangan asli dalam foto ini ditulis : Het hotel te Manggar. repro petabelitung.com, 2018/Gedenkboek Billiton tweede deel, 1927.


Foto master :
Kiri : MANGGAR, 1956 a picnic at the beach Cora with Erneman; plus friends. sumber: Ernest Welcker.
Kanan atas : MANGGAR, 1955 Manggar Hotel Cora with friends inside a dining room. sumber: Ernest Welcker.
Kanan bawah : MANGGAR, 1952 at public swimming pool friend, friend, Yvonne. sumber: Ernest Welcker.


Penulis : Wahyu Kurniawan
Editor : Wahyu Kurniawan
Sumber : petabelitung.com.