Video Of Day

ads

Selayang Pandang

Sejarah Pantai Tanjung Tinggi

Pantai Pelabuan Bilik, Desa Tanjong Tinggi, 2015
Sebagian besar orang mengenali setiap titik di Pantai Tanjong Tinggi dengan nama yang sama yakni Pantai Tanjung Tinggi. Namun warga setempat ternyata mempunyai nama tersendiri untuk setiap titik Pantai Tanjong Tinggi sepanjang kurang lebih tiga kilometer.
Pantai yang paling ramai dikunjungi saat ini disebut dengan nama Pantai Pelabuan Bilik. Sementara tak jauh dari tugu Film Site Laskar Pelangi, terdapat Pantai Batu Penyabong dan pantai di area belakang Kantor Desa Tanjong Tinggi disebut dengan nama Pantai Telok Limau.
Ketiga nama pantai ini dikaitkan dengan cerita mistis. Mantan Kepala Desa Keciput periode 1969-1985 Basri Ca’en (72) mengatakan, nama-nama itu sudah ada sejak lama, bahkan sebelum dirinya lahir.
Pantai Pelabuan Bilik ceritanya merupakan sebuah tempat pendaratan makhluk halus. Kata Bilik sebelumnya digunakan untuk mengganti nama asli tempat tersebut yakni Pelabuan Belis. Dalam budaya Belitong, Belis merupakan makhluk gaib jahat yang bisa dikonotasikan dengan kata Iblis.
“Awalnya namanya Pantai Pelabuan Belis, tapi oleh orang-orang tua zaman dulu diganti jadi Pelabuan Bilik biar lebih bagus,” kata Basri kepada Pos Belitung, Sabtu (24/5) tahun 2014 lalu.
Sementara Pantai Penyabong, disebut sebagai tempat para makhluk gaib beradu kekuatan. Sedangkan Pantai Telok Limau disebut sebagai perkampungan para makhluk gaib. Kata Limau sendiri ceritanya adalah kata lain dari Limunan, yakni makhluk gaib yang menyerupai manusia.
“Tapi itupun cerita zaman dulu, sekarang makhluk gaibnya tidak seperti itu lagi,” kata Basri sambil tersenyum.(Wahyu Kurniawan)