Video Of Day

ads

Selayang Pandang

Haril M Andersen

Haril M. Andersen di Perpusda Kabupaten Belitung, 13 Agustus 2015

Haril M Andersen adalah penulis novel sejarah Sang Elang, biografi dari tokoh TNI Angkatan Udara asal Belitung, H.AS. Hanandjoeddin. Buku ini diterbitkan oleh Yayasan Melati Tanjungpandan di Jakarta, Januari 2015.
Sebelumnya Haril juga menulis sejumlah buku. Di antaranya Apa Siapa Orang Belitung (2003), Belitung Bisa (2008), Utusan Negeri Serumpun, Sebuah Biografi Ir.H. Darmansyah Husein (2012). Buku Utusan Negeri Serumpun adalah satu buku bermutu edisi Asia yang menjadi koleksi perpustakaan nasoinal Asutralia, Library of Australia (NLA).
Hari M. Andersen lahir di Kelapa Kampit, Kabupaten Belitung Timur 28 Maret 1973. Ia adalah anak ke enam dari delapan bersaudara pasangan Bapak Deraim (almarhum) dan Ibu Inap (almarhum).
Setelah menyelesaikan sekolah di SMA Negeri Manggar Belitung Timur tahun 1991, Haril mengikuti pendidikan kewartawanan di Lembaga Pendidikan Wartawan Indonesia (LPWI) Bandung tahun 1992. Ia kemudian melanjutkan Diploma III Jurusan Jurnalistik Akademi Komunikasi Bandung (1992-1995).
Selepas mengenyam pendidikan tinggi, Haril mengawali karirnya sebagai penulis lepas di Tabloid Wanita Indonesia, Jakarta dan Harian Pikiran Rakyat, Bandung. Ia juga sempat magang sebagai koresponden Harian Media Indonesia Biro Bandung ( 1993-1994).
Tahun 1995-1998 Haril bergabung dalam staf redaksi Majalah Dharmais dan bertugas sebagai wartawan Polkam. Saat era reformasi ia ikut mendirikan Majalah Tropis dan menjadi Pemimpin Redaksi Majalah Suar (2006-2008) serta Kepala Biro Bangka Belitung untuk Majalah FIVE (2009-2012).

Suami dari Dwi Hastuti Murboningrum ini sekarang menetap di Tanjungpandan. Keduanya dikarunia dua anak yakni Nailah Zakiyyah Lanjarsari dan Muhammad Zaky AshShiddiqi. Selain menulis, kesehariannya juga disibukkan sebagai Ketua Yayasan Melati Tanjungpandan yang bergerak di bidang sosial dan pendidikan.(Wahyu Kurniawan)