Video Of Day

ads

Selayang Pandang

Berita Acara Peristiwa 1 Maret 1958 di Belitung, Penyerahan Tambang Timah Belitung Kepada Pemerintah Indonesia

PETABELITUNG.COM - Pada tanggal 1 Maret 1958 terjadi suatu peristiwa bersejarah di Wisma Ria Kota Tanjungpandan, Belitung. Pada saat itu ditanda tangani Berita Acara penyerahan tambang timah Belitung dari N.V. Gemeenschappelijke Mijnbouwmaatschappij Billiton (GMB) kepada Pemerintah Republik Indonesia.

Arsip serah terima ini dikutip dari majalah Warta Pembina edisi 2/1971, bulan Februari 1971 koleksi Rico Pebrico, Manggar. Majalah ini diterbitkan oleh Dinas Keamanan Penerangan dan Hubungan Masyarakat Unit Penambangan Timah Belitung.

Simak arsip berita acara serah terima tersebut berikut ini :

BERITA ATJARA

TIMBANG-TERIMA

            Pada hari ini, Sabtu tanggal Satu Maret seribu sembilan ratus lima puluh delapan, kami

Ir.T.T. BARTELS

Hoofd Administrateur pada N.V.Gemeenschappelijke, Mijnbouwmaatschappij Billiton di TANDJUNGPANDAN, pihak pertama,

Ir.M.E.A. APLTULE

Pedjabat kepala Perusahaan Tambang Timah Belitung, pihak ke dua, berdasarkan telegram dari Direktorat Pertambangan tanggal dua puluh lima pebruari seribu sembilan ratus lima puluh delapan No.PTB dan Surat Keputusan Kepala Biro Urusan Perusahaan2 Tambang Negara No.25/BUPTAN tanggal 25 pebruari 1958 jang menyatakan bahwa Pemerintah memutuskan untuk tidak memperpandjang waktu berdirinja N.V.Gemeenschappelijke, Mijnbouwmaatschappij Billiton, sedangkan pertambangan timah di Belitung mulai satu Maret seribu sembilan ratus lima puluh delapan diteruskan oleh pemerintahan.

Pihak pertama dengan mulai berlaku tanggal satu Maret seribu sembilan ratus lima puluh  delapan menjerahkan dan pihak ke dua menerima dalam rangka likwidasi N.V. Gemeenschappelijke Mijnbouwmaatschappij Billiton, penguasa dan tanggung djawab atas penjelenggaraan perusahaan Tambang Timah di Belitung umumnja.

            Dari penjerahan dan penerimaan ini dibuat berita atjara dalam rangkap lima untuk dipergunakan dimana perlu.



Demikian satu catatan tentang peristiwa bersejarah pada tanggal 1 Maret di Belitung. Semoga bermanfaat.

Penulis : Ajika Bonarta & Wahyu Kurniawan

Editor : Wahyu Kurniawan

Sumber: petabelitung.com