Video Of Day

ads

Selayang Pandang

Kumpulan Foto Situs Makam Kuno di Pesaeran Tempat Mak Kupas Dimakamkan

PETABELITUNG.COM - Situs makam kuno di Pesaeran merupakan jejak keberadaan tokoh legendaris Mak Kupas. Berdasarkan tradisi tutur, Mak Kupas bersama istrinya dimakamkan di sini. 

Situs Pesaeran berada di Dusun Aik Kelik Desa Aik Kelik Kecamatan Damar, Kabupaten Belitung Timur, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung. Lokasinya masuk ke dalam kawasan hutan lindung dengan tipikal hutan berupa hutan kerangas yang diselimuti padang dan belukar.

Penulusuran dilakukan oleh tim KPSB Peta Belitung, Sabtu (19/9/2020) sore. Narasumbernya yakni Kepala Dusun Aik Lanji Sahar, warga Aik Kelik Hanan Yata, Ketua LAM Beltim Andi Susanto, dan pemerhati sejarah Belitong Yudi Brahma.

"Kuburan ini mulai ditinggalkan sejak tahun 1942," kata Hanan kepada petabelitung.com.

Simak kumpulan foto situs makam kuno Pesaeran berikut ini:

Perjalanan menuju situs makam kuno Pesaeran.

Sejumlah nisan yang pertama kami lihat ketika memasuki situs makam kuno Pesaeran. Wahyu Kurniawan/petabelitung.com 2020.

Kadus Sahar sedang membersihkan semak yang menutupi nisan-nisan batu. Wahyu Kurniawan/petabelitung.com 2020.

Bentuk nisan batu setelah dibersihkan. Tampak terdapat bagian lancip pada sisi nisan yang merupakan ciri khas nisan kuno berbahan batu tak berukir di Belitong. Bagian lancip ini umumnya diletakkan dibagian kepala. Wahyu Kurniawan/petabelitung.com 2020.
Kepala Bidang Budaya KPSB Peta Belitung Galih Prawira sedang mengamati dan mendokumentasikan barisan makam anak-anak. Wahyu Kurniawan/petabelitung.com 2020.


Kepala KPSB Peta Belitung Wahyu Kurniawan sedang mendokumentasikan sebuah makam perempuan yang nisannya berukiran paling detil di situs Pesaeran. Haryanto/petabelitung.com 2020.

Bendahara KPSB Peta Belitung Eka Arista Apriza sedang membersihkan dan mengamati satu-satunya makam dengan tembikar di atasnya. Wahyu Kurniawan/petabelitung.com 2020.

Kondisi makam laki-laki dengan tembikar sebelum dibersihkan. Haryanto/petabelitung.com 2020.  

Sebuah tambak makam yang terdiri dari dua nisan dewasa dan satu anak-anak yang letaknya paling depan menghadap aliran sungai Pesaeran. Haryanto/petabelitung.com 2020.

Detil makam paling depan menghadap aliran sungai Pesaeran. Eka Arista Apriza/Wahyu Kurniawan/petabelitung.com 2020.

Mahasiswa magang UNY Dony A. Wijaya ikut mengamati sejumlah makam di situs Pesaeran. Eka Arista Apriza/Wahyu Kurniawan/petabelitung.com 2020.

Ketua LAM Beltim Andi Susanto, Ketua KPSB Peta Belitung Wahyu Kurniawan, dan pemerhati sejarah budaya Belitong sedang beristirahat di antar semak belukar Pesaeran. Eka Arista Apriza/petabelitung.com 2020. 

Hanan Yata saat diwawancarai tentang Mak Kupas. Eka Arista Apriza/Haryanto/Wahyu Kurniawan/petabelitung.com 2020.

Baca Juga Artikel Sebelumnya Tentang Mak Kupas


Kisah Ilmu Besi Berani dan Mak Kupas di Desa Aik Kelik

Nah sekian dulu ya ges foto-fotonya. Selanjutnya akan kami siapkan video juga buat kalian. Tapi sabar ya. Semoga bermanfaat.(*)

Penulis: Wahyu Kurniawan

Editor : Wahyu Kurniawan

Sumber: petabelitung.com