Video Of Day

ads

Selayang Pandang

EB 3 Bucyrus, Kapal Keruk Manggar yang Ditinjau Oleh Gubernur Jenderal

PETABELITUNG.COM - EB 3 dikenal juga dengan nama Bucyrus. Nama ini diambil dari nama pabrik pembuatnya yakni Bucyrus dari Amerika Serikat. Pembuatan kapal keruk ini dilaksanakan pada 1924/1925. 
Pada tanggal 25 September 1925 EB 3 ditinjau langsung oleh Gubernur Jenderal Hindia-Belanda Mr. D. Fock. Wilayah operasi pertama EB 3 adalah kolong no.30 Bengkuang di Manggar, Kabupaten Belitung Timur.

Eksistensi EB 3 masih tampak dalam foto tahun 1940. Namun pada kemudian hari EB 3 disebut tenggelam di Kuale Lamak, Sungai Manggar. Ada kemungkinan tenggelamnya EB 3 merupakan sabotase yang dilakukan sebelum Jepang mendarat ke Tanjungpandan pada 10 April 1942. Sebab pola yang sama juga dilakukan di Bangka. Kapal-kapal keruk sengaja ditenggelamkan pada perairan dangkal dengan kedalaman 4-6 meter. Kapal Keruk ditenggelamkan dalam posisi duduk sehingga mudah diapungkan kembali. 
 
EB adalah singkatan dari Emmerbagger. Kata ini berasal dari Bahasa Belanda yang secara harfiah berarti pengeruk ember. Singkatan ini sudah ada sejak zaman kolonial dan merupakan istilah teknis dalam pertambangan timah kala itu.

Masyarakat Belitong melafalkan istilah E.B dengan bunyi "ibe". Istilah ini begitu melekat hingga ada satu nama danau eks kolong timah yang dinamai Kulong Ibe di Desa Mempaya, Kecamatan Damar, Kabupaten Belitung Timur. Pada era kemerdekaan Indonesia, istilah EB diganti dengan sebutan KK (Kapal Keruk). Simak profil singkat EB 3 berikut ini :

Profil EB 1 De Eersteling

Pemilik: NV Billiton Maatschappij

Dibangun oleh : Bucyrus, Amerika Serikat.

Tahun pembangunan: 1924/1925

Panjang : ?

Lebar : ?

Dalam : ?

Bucket capacity (standard):  ?

Tahun beroperasi: 1925

Wilayah operasi pertama: Kolong Bengkuang, Manggar.

Kondisi terakhir : Tenggelam di Kuale Lama Sungai Manggar.



Sumber data profil dan foto: 

Buku Sejarah Timah Indonesia, Sutedjo Sujitno (1996).

Website : https://www.dredgepoint.org/dredging-database/equipment/bucyrus

Buku Gedenkboek Billiton 1852-1927 Eerste Deel, (1927)

Website digitalcollections universiteitleiden.nl

Website : nimh-beeldbank.defensie.nl

Profil ini akan terus dikembangkan seiring ditemukannya data-data baru mengenai sejarah kapal keruk. Semoga bermanfaat.(*)


Penulis : Wahyu Kurniawan

Editor : Wahyu Kurniawan

Sumber: petabelitung.com