Video Of Day

ads

Selayang Pandang

Foto Lawas Desa Tanjung Binga Kecamatan Sijuk, Jadi Koleksi ANRI dan Kenangan Warga Manado


PETABELITUNG.COM - Dua foto berikut ini berasal dari era yang berbeda. Satu foto dari era kolonial dan satunya lagi era kemerdekaan Indonesia. Kedua foto ini sama-sama menunjukkan bahwa Tanjung Binga telah sejak lama menjadi objek fotografi.
Foto era kolonial Belanda menunjukkan panorama pantai di Desa Tanjung Binga tahun 1930. Foto tersebut dimuat dalam buku Citra Kabupaten Belitung Timur Dalam Arsip yang diterbitkan oleh Arsip Nasional Republik Indonesia (ANRI) di Jakarta 2017.
Keterangan pada foto tersebut ditulis : Pemandangan di Tanjungbinga, Belitung, Sumatera Selatan, (1930)
Sumber: ANRI, KIT Sumatera bagian selaran No. 944/69.
Sedangkan foto era kemerdekaan menggambarkan tiga anak dan satu orangtua yang sedang berkunjung ke Desa Tanjung Binga. Foto ini merupakan koleksi Ferry Sumakud, seorang warga yang sekarang berdomisili di Manado. Ferry Sumakud adalah pria kelahiran Belitung. Orangtuanya dulu merupakan salah satu pegawai tinggi di perusahaan timah Belanda, NV.GMB. Keterangan dalam foto tersebut ditulis:Tg.Binga Belitung dgn dr.Pohan (bersama Erik + Rolf Sloth) 1955. Dalam foto tampak  Ferry Sumakud sedang menenteng sandal.
Desa Tanjung Binga saat ini merupakan bagian dari wilayah Kecamatan Sijuk, Kabupaten Belitung, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung. Selain terkenal karena duriannya yang enak, Desa Tanjung Binga juga merupakan objek wisata dan salah satu tempat berangkat menuju objek wisata ikonik Belitong yakni Pulau Lengkuas.(*)




Penulis : Wahyu Kurniawan
Editor : Wahyu Kurniawan
Sumber: petabelitung.com.