Video Of Day

ads

Selayang Pandang

Foto Lebaran Zaman Dulu di Belitong, Mulai dari Dalam Rumah Sampai Berlatar Tempat Kerja


PETABELITUNG.COM - Assalamualaikum Guys. Pertama-tama segenap tim KPSB Peta Belitung mengucapkan Selamat Hari Raya Idul Fitri 1441 Hijriah/2020 Masehi. Mohon maaf lahir batin jikalau selama ini kami ada silaf kata dan prilaku baik disengaja ataupun tidak. Semoga momentun lebaran akan membawa semangat baru bagi kita semua untuk senantiasa memberikan manfaat seluas-luasnya bagi agama dan sesama manusia. Aamiin.
Baik guys, kali ini petabelitung.com akan menyuguhkan kumpulan foto lebaran zaman dulu di Belitong. Tahun pengambilan foto ini beragam, mulai dari era kolonial hingga zaman kemerdekaan Indonesia. Latar foto zaman dulu juga tampak sudah bervariasi. Dimulai dari dalam rumah, depan rumah, pekarangan rumah, bahkan sampai ada juga yang berfoto dengan latar tempat kerja.
Nah seperti apa fotonya? Simak daftarnya berikut ini :

1. Foto Lebaran Zaman Dulu di Dalam Rumah

Dua foto ini berlatar suasana dalam rumah di komplek perumahan timah Aik Ketekok, Tanjungpandan, Kabupaten Belitung. Foto atas dipotret pada tahun 70-an dan foto di bawahnya pada tahun 1985. Tampak kedua foto ini juga semarakkan dengan kue-kue lebaran di atas meja sebagai penanda momen Hari Raya Idul Fitri.

2. Foto Lebaran Zaman Dulu di Depan Rumah
Koleksi foto Bapak KA Onie, arsip keluarga Ruli Hidayat. repro by petabelitung.com
Foto ini menggambarkan kebiasaan berfoto di depan rumah saat Hari Raya Idul Fitri. Semakin besar sebuah keluarga, maka semakin ramai pula orang yang ikut berfoto di dalamnya. Seru ya Guys!
Foto hitam putih ini berlatar Desa Padang Kandis, Kecamatan Membalong.

3. Foto Lebaran Zaman Dulu di Pekarangan Rumah

Mungkin ide awalnya adalah mencari suasana baru tapi masih tetap dengan tema rumah. Alhasil muncullah foto dengan latar pekarangan. Menarik juga ya Guys. Jadi ada variasi kesannya.
Foto ini merupakan foto lebaran paling tua yang ditemui petabelitung.com. Foto tersebut milik keluarga Adi Darmawan berlatar Desa Aik Selumar, Kecamatan Sijuk, 1 November 1940 atau sekitar lima tahun sebelum Indonesia merdeka.

4. Foto Lebaran Zaman Dulu di Studio Foto
Koleksi foto Bapak KA Onie, arsip keluarga Ruli Hidayat. repro by petabelitung.com



Momen spesial seperti lebaran tentu perlu diabadikan. Bersyukur sekali di Belitong ternyata sudah ada studio foto sejak tahun 50-an. Maka itu ramai-ramailah keluarga pergi ke studio foto pada momen Idul Fitri. Foto paling atas adalah yang paling tua. Dipotret pada lebaran tahun 1372 Hijriah atau sekitar tahun 1951. Kemudian dua foto selanjutnya berlatar tahun 1953 dan tahun 1955. Waah keren ya Guys, udah main foto studio segala. Tapi coba perhatikan foto nomor 2. Apa menurut kalian itu gambar sandal Cok Hai?

5. Foto Lebaran Zaman Dulu di Objek Wisata

Ternyata sejak zaman dulu momen lebaran diisi dengan mengunjungi objek wisata. Tuh kalian lihat sendiri fotonya. Sampai gelar tikar dan makan lesehan segala Guys! Dan kalian juga tentu pernah mengalaminya di zaman now ini yah? Hehehe.

6. Foto Lebaran Zaman Dulu di Tempat Kerja

Foto satu ini terbilang langka. Tema foto lebaran berlatar tempat kerja. Foto ini milik keluarga Achmed Viqie bin Husaini bin Husein bin Abd.Rachman bin Ahmad bin Abd. Faqeer dari Desa Aik Sagak. Ceritanya foto ini berlatarkan bengkel Lipat Kajang Manggar pada momen lebaran tahun 1956. Mungkin foto ini dibuat dalam rangka acara Halal Bihalal ya Guys?


Nah sekian dulu ya Guys artikel Foto Lebaran Zaman Dulu di Belitong. Jika berkenan, kalian juga bersumbangsih dengan membagikan foto-foto jadul keluarga kalian ke fanspage facebook petabelitung.com. Jadi semakin luas pandangan kita tentang suasana perayaan Idul Fitri di masa lalu.
Terima kasih Guys.
Sekali lagi, Selamat Hari Raya Idul Fitri, Mohon Maaf Lahir Batin.
Salam KPSB Peta Belitung.(*)

Penulis : Wahyu Kurniawan
Editor : Wahyu Kurniawan
Sumber: petabelitung.com.