Video Of Day

ads

Selayang Pandang

Ini Bentuk Kereta Surong dari Kampong Pancor Manggar, Ternyata Sudah Dikenal di Eropa Sejak 91 Tahun Silam


PETABELITUNG.COM - Permainan tradisional anak Belitong ternyata sejak dulu telah menarik perhatian warga Eropa. Hal ini dibuktikan dengan keberadaan alat-alat permainan tradisional tersebut dalam sebuah museum di salah satu negara Eropa.
Contoh alat permainan tradisional anak-anak Belitong itu salah satunya adalah kereta surong. Gambaran alatnya sekarang disimpan di Göteborgs Museum Swedia.
Kereta surong tersebut diiventarisir pada tahun 1935 dan dipublikasikan pada tahun 1936. Dalam keterangan disebutkan bahwa kereta surong tersebut diperoleh dari Pancor, yang sekarang menjadi sebuah dusun di Desa Padang, Kecamatan Manggar, Kabupaten Belitung Timur.
Panjang kereta surong tersebut yakni 90 sentimeter dan sepenuhnya terbuat dari material kayu. Dalam keterangan aslinya nama kereta surong ini ditulis "Kareta soerong".
Berdasarkan penelusuran lebih lanjut ditemukan keterangan dalam buku berjudul Årsberättelse 1935, Etnografiska avdelningen, Göteborgs museum.
Ternyata kereta surong ini diperoleh dari seorang insiyur bernama Axel Wieslander tahun 1929 dan kemudian disumbangkan ke Göteborgs museum melalui senator Walter Edström. Axel Wieslander adalah kepala SKF di Jakarta. SKF adalah perusahaan multinasional minyak pelumas asal, Göteborgs Swedia.
Axel Wieslander tidak hanya mengumpulkan alat permainan tradisional, tapi juga beragam perkakas tradisional dari Belitung. Pengumpulan alat-alat tradisional itu dilakukan guna melengkapi koleksi barang-barang budaya Indonesia untuk Göteborgs museum.
"Koleksi ini istimewa dan berharga, karena koleksi etnografis dari Billiton sangat jarang ditemukan
di museum etnografi, dan terutama karena dibuat dengan perbedaan besar dan menyoroti kehidupan sehari-hari penduduk asli. Di dalamnya termasuk sejumlah alat tangkap dan alat tangkap
berburu seperti perangkap, jerat, jaring, lampu, tombak, sumpit, dll. koleksi sejumlah karya tebu, mainan dari berbagai jenis, alat musik dll,"
Demikian kurang lebih keterangan yang tertulis dalam buku berjudul Årsberättelse 1935.
Wah menarik ya guys.
Apa yang mungkin kita anggap sederhana ternyata sangat berharga bagi orang lain di luar negeri.
Oiya, mengenai asal fotonya.
Foto ini diperoleh dari website collections.smvk.se.
Website ini merupakan bagian dari Carlotta yakni sistem informasi yang dikembangkan untuk museum dan koleksi museum mereka. Sistem ini sekarang dimiliki oleh State Museum of World Culture, yang meliputi Museum Etnografi, Museum Budaya Dunia, Museum Asia Timur dan Museum Mediterania. Museum lain yang menggunakan Carlotta adalah Museum Kota Gothenburg, Museum Helsingborg, Budaya di Lund, Museum Malmö, Museum Teman di Lidköping, Museum Norrbotten, Ájtte dan Museum Rörstrand.
Simak foto-foto lengkap tentang kereta surong dari kampong pancor Manggar berikut ini.
Semoga bermanfaat ya guys.(*)




Penulis : Wahyu Kurniawan
Editor : Wahyu Kurniawan
Sumber : petabelitung.com