Video Of Day

ads

Selayang Pandang

Hasil Sensus 1930, Jumlah Penduduk Kota Tanjungpandan Ternyata Lebih Banyak Dibandingkan Pangkalpinang



PETABELITUNG.COM - Ternyata dulu jumlah penduduk Kota Tanjungpandan sempat lebih banyak dibandingkan Kota Pangkalpinang.
Seperti yang kalian ketahui, pada zaman now Kota Pangkalpinang adalah ibukota Provinsi Kepulauan Bangka Belitung. Jumlah penduduknya jauh lebih besar bila dibandingkan Tanjungpandan yang statusnya kini hanya kecamatan.
Namun pada abad ke-20, keadaan jumlah penduduk malah sebaliknya.
Penduduk kota Tanjungpandan jauh lebih banyak.
Hal itu diketahui berdasarkan data hasil sensus penduduk kolonial Hindia-Belanda tahun 1930.
Hasil sensus tersebut dimuat dalam buku Volkstelling 1930 yang diterbitkan secara resmi oleh Departement van Economische Zaken (Departemen Urusan Ekonomi), Hindia-Belanda.
Pada halaman 4 dalam buku tersebut terdapat data mengenai jumlah jiwa penduduk kotamadya dan kota. Disebutkan bahwa Palembang adalah kota madya dengan jumlah penduduk paling banyak se-Sumatera kala itu, sejumlah 108.145.
Kemudian disebutkan pula data kota kota di Sumatera dengan jumlah penduduk kurang atau lebih dari 20.000 jiwa. Dua di antara kota tersebut adalah Tanjungpandan di pulau Belitung dan Pangkalpinang di pulau Bangka.
Jumlah penduduk kota Tanjungpandan saat itu sebanyak 15.708 jiwa.
Sedangkan penduduk kota Pangkalpinang sebanyak 11.970 jiwa, atau selisih 3.738 dari penduduk kota Tanjungpandan.
Seperti apa datanya?
Simak potongan bukunya berikut ini.
Semoga bermanfaat.(*)

Buku sensus penduduk Hindia-Belanda tahun 1930 yang mencantumkan data jumlah penduduk kota Tanjungpandan dan Pangkalpinang. digitalcollections.universiteitleiden.nl/ repro petabelitung.com 2020.

Foto ilustrasi. Suasana Bandara Buluh Tumbang di kota Tanjungpandan yang dimuat dalam majalah Erts edisi Juli 1951. Bandara ini sekarang dikenal dengan nama bandara internasional HAS Hanandjoeddin di Tanjungpandan. repro petabelitung.com 2020. 

Penulis : Wahyu Kurniawan
Editor : Wahyu Kurniawan
Sumber: petabelitung.com