Video Of Day

ads

Selayang Pandang

Ternyata Sorban Juga Jadi Penutup Kepala Orang Belitung, Dipakai Saat Berfoto di Masjid Maupun di Kantor


PETABELITUNG.COM - Ada berbagai macam bentuk penutup kepala tradisional yang digunakan di pulau Belitung. Satu di antaranya ternyata adalah sorban.
Penggunaan sorban tak sebatas hanya untuk pakaian dalam hal keagamaan saja, tapi juga digunakan sehari-hari dalam berbagai momen.
Beberapa contoh momen yang dimaksud antara lain mulai dari acara kantor, hiburan, sampai hajatan.
Agar lebih jelas, mari kita ulas satu per satu berdasarkan penggambaran dalam foto-foto lawas berikut ini.

1. Acara Kantor
Dalam foto berikut ini penggunaan sorban dilakukan pada saat acara berfoto bersama di depan kantor.
Judul fotonya Personeel van het districtskantoor van de Billitonmaatschappij te Lenggang op Billiton.
Dan artinya Staf Kantor Distrik Billitonmaatschappij di Lenggang, Belitung.
Foto ini diambil dari album foto tahun 1921 dan dipublikasikan tahun 1933 di Tanjungpandan.
Dalam foto tersebut tampak ada dua orang yang mengenakan sorban.
Perhatikan gambarnya di bawah ini :




2. Acara Hiburan
Penggunaan sorban juga terlihat dalam acara hiburan. Satu contoh bisa kalian lihat dalam foto sebuah grup musik dari pulau Seliu berikut ini. Sayang tidak ada keterangan waktu dan tempat dalam foto hitam putih tersebut.



3. Dokumentasi Pribadi
Setiap orang tentu punya dokumentasi pribadi dalam bentuk foto yang menggambarkan dirinya sendiri. Sebagian melakukannya di rumah atau juga kadang di studio. Hal serupa juga telah dilaukan sejak lama di Belitung. Contoh berikut ini diperoleh dari pulau Seliu di mana tampak ada foto yang menggambarkan laki-laki berpose sambil mengenakan sorban. Kabarnya foto-foto tersebut dipotret dalam sebuah momen saat pulang dari menunaikan ibadah haji.



4. Betamat Ngaji
Dalam budaya Belitung dikenal istilah Betamat yang dilaksanakan setelah anak-anak selesai belajar membaca Alquran. Ternyata dulu anak-anak yang menjalani tradisi ini menggunakan sorban sebagai penutup kepala. Hal ini tampak dalam sebuah foto dokumentasi tahun 1941 milik keluarga Saman di Buding, Kabupaten Belitung Timur.


5. Acara Pernikahan
Penggunaan sorban juga masuk sampai ke ramah perkawinan. Pada zaman dulu di Belitung para pengantin pria juga sering didandani dengan penutup kepala berbentuk sorban.
Bedanya sorban yang dikenakan oleh pengantin pria biasanya diberi hiasan pada bagian depan yang menjuntai ke depan muka.
Contohnya bisa dilihat dalam foto dokumentasi milik almarhum K.A. Onie mantan Lurah Padang Kandis, Membalong. Sayang tidak diketahui latar waktu dan tempat dalam foto tersebut.



6. Berfoto di depan Masjid
Sorban tentunya digunakan dalam momen-momen yang terkait dengan keagamaan. Satu contoh berikut ini adalah ketika warga Desa Aik Saga, Tanjungpandan berfoto di depan masjid di kampung mereka yang sekarang dikenal dengan nama Masjid Al-Barqah.
Foto arsip keluarga Achmed Viqie ini diperkirakan berasal dari tahun 1910-1920.



Penulis: Wahyu Kurniawan
Editor: Wahyu Kurniawan
Sumber: petabelitung.com