Video Of Day

ads

Selayang Pandang

Guru dan Siswa SMA Negeri 1 Gantung Kunjungi Kantor KPSB Peta Belitung


PETABELITUNG.COM – Seorang guru dan dua siswi SMA Negeri 1 Gantung, Kabupaten Belitung Timur berkunjung ke kantor KPSB Peta Belitung, Jumat (15/2/2019) sore.
Guru tersebut yakni Asep Santosa. Sedang dua siswi yang ikut bersamanya adalah Windu Adela Putri (16) dan Selfi (16).
Kedua siswi tersebut merupakan siswi kelas X IPS.  Windu berasal dari Lidun, Desa Batu Penyu, Kecamatan Gantung. Sementara Selfi berasal dari Desa Selinsing, Kecamatan Gantung.
“Windu ini rencananya kami persiapkan untuk ikut dalam kegiatan Lawatan Sejarah Daerah di Batam pada bulan Maret mendatang,” kata Asep kepada petabelitung.com.
Pada tahun lalu, SMA Negeri 1 Gantung menjadi satu-satunya sekolah di Provinsi Kepulauan Bangka Belitung yang tampil di ajang Lawatan Sejarah Daerah.
Tahun ini, tema yang diusung adalah sejarah lokal. Dan SMAN 1 Gantung berencana mengangat sejarah perkembangan Kota Manggar, ibukota Kabupaten Belitung Timur.
“Setelah membaca petabelitung.com, sepertinya ada sejumlah buku yang bisa dijadikan sumber untuk siswa saya dalam membuat karya tulis, maka itu kami datang ke sini,” kata Asep.
Bidang Kebudayaan KPSB Peta Belitung Galih Prawira menyambut baik kedatangan guru dan siswa dari SMAN 1 Gantung. Sebab kunjungan tersebut dilakukan dalam rangka mencari data untuk kepentingan pembuatan karya tulis di ajang regional.
“Kami sangat terbuka pada siapa saja, maka itu kami berharap kunjungan seperti ini juga dilakukan oleh guru dan siswa di Kabupaten Belitung, maupun pihak-pihak lainnya,” kata Galih.
Sementara itu Bidang Dokumentasi dan Publikasi KPSB Peta Belitung Sofian mengaku kaget melihat semangat guru dan siswa SMAN 1 Gantung. Sebab mereka datang jauh-jauh dari Gantung dengan berkendara motor dan menembus hujan di tengah perjalanan.
“Salud sekali melihat perjuangan mereka, semoga data-data yang kami berikan akan membantu mereka, dan bisa membuat mereka lolos ke tingkat nasional.” Kata Sofian.
Komunitas Pelestari Sejarah dan Budaya Peninggalan Tanah Belitung (KPSB Peta Belitung) berkantor di Jalan Sambas 1 Desa Aik Ketekok, Kecamatan Tanjungpandan. Dalam beberapa waktu terakhir komunitas ini mengembangkan portal website www.petabelitung.com yang mengusung konten-konten sejarah budaya lokal pulau Belitung.(*)

Penulis : Wahyu Kurniawan.
Editor : Wahyu Kurniawan.
Sumber : petabelitung.com.