Video Of Day

ads

Selayang Pandang

Aanvullende gegevens omtrent de geschiedenis van het eiland BILLITON en het voorkomen van tin aldaar

Ini adalah salah satu buku refrensi paling berharga untuk menelusuri sejarah Pulau Belitung. Judulnya ‘Aanvullende gegevens omtrent de geschiedenis van het eiland BILLITON en het voorkomen van tin aldaar’ yang artinya kurang lebih ‘Informasi tambahan mengenai sejarah Pulau Belitung dan penemuan timah didalamnya’.

Buku ini ditulis oleh Frederik Willem Stapel, seorang Dosen Sejarah Kolonial di Universitas Amsterdam, Belanda. Diterbitkan oleh Gemeenschappelijke Mijnbouwmaatschappij Billiton melalui percetakan N.V.Drukkerij Trio di 's-Gravenhage (Den Haag), 1938.

Tebal bukunya 145 halaman plus satu lampiran Peta Pula Belitung abad ke-18. Saya pertama kali mendapati buku ini di rumah almarhum Pak Abu Hassan di Desa Lalang, Kecamatan Manggar, Kabupaten Belitung Timur tahun 2012.


Banyak informasi berharga di dalamnya setelah diterjemahkan oleh Pak Abu Hassan. Buku ini memaparkan catatan-catatan mengenai Pulau Belitung dari tahun 900 sampai 1851.
Yang paling menakjubkan adalah buku ini melampirkan langsung surat menyurat serta dokumen pendukunngnya. Beberapa lampiran itu yakni catatan perjalanan Jan de Harde ke Pulau Belitung pada tahun 1668 menggunakan kapal Zantlooper.


Buku ini juga melampirkan surat Thomas Stamford Raffles tahun 1818 yang menunjukkan bahwa betapa pentingnya Belitung bagi Inggris. Bagian yang juga tak kalah penting adalah riwayat pengangkatan Depati Rahad sebagai pemegang kuasa Pemerintah Hindia Belanda atas Pulau Belitung.(Wahyu Kurniawan)