Video Of Day

ads

Selayang Pandang

Daftar Nama Anak Sungai Manggar Dari Hulu Sampai Hilir

PETABELITUNG.COM - Daftar nama anak sungai Manggar berikut ini merujuk pada peta berjudul Geologische Kaart van Blitong door Corn's. de Groot, Berhoort bij "Herinneringen aan Blitong door Corn's. de Groot, 's Gravenhage, H.L. Smits 1887".

Seperti yang diketahui, Cornelis de Groot adalah seorang insinyur Belanda yang mengeksplorasi timah di Pulau Belitung pada tahun 1851. Daftar nama anak sungai Manggar ini kami tulis sesuai tata penulisan yang tercantum. Sebagian kami terjemahkan dengan kata di dalam tanda kurung.

Dalam peta tampak Sungai Manggar berhulu di Gunung Manggar

Simak daftar Anak Sungai Manggar berikut ini :

1. Kembang Ragi

2. Ketoelan (Ketulan)

3. Glam

4. Keliling

5. Paroeng (Parung)

6. Bankok

7. Roe (Ru)

8. Resihe

9. Ponte

10. Djeloetong (Jelutong)

11. Bontaian

12. Boenoet (Bunut)

13. Birah Ponpang

14. Kliang

15. Degong

16. Rotan

17. Antoe (Antu)

18. Liboet (Libut)

19. Teriba

20. Draak

21. Moensang (Munsang)

22. Paja (Paya)

23. Penjatian

24. Mang

25. Katarin

26. Djering (Jering)

27. Landy

28. Noepoh (Nupoh)

29. Tawangan

30. Meranti

31. Boeloeh (Buluh)

32. Netekh

33. Ketakong

34. Semerah

35. Belangsatan

Daftar nama di atas belum mencantumkan semua anak sungai yang ada di aliran Sungai Manggar. Sebab dalam peta tidak semua anak sungai dinamai. De Groot mengaku hanya menulis nama-nama sungai yang dianggapnya penting bagi penelusuran kandungan timah Belitong. Namun demikian dalam petanya, anak-anak sungai tersebut tetap digambar oleh de Groot.

Nama-nama anak sungai dalam peta ini hanyalah satu dari sekian banyak rujukan. Kalian masih perlu membandingkannya dengan peta-peta lain yang lebih tua atau yang lebih muda dari de Groot. Namun setidaknya daftar ini bisa menjadi pijakan untuk penelusuran yang lebih mendalam di masa mendatang. Baik untuk penelusuran tentang sungai itu sendiri, maupun terkait sejarah budaya Belitong. Sebab sebagian nama sering kali tidak dikenal oleh Urang Belitong dan ternyata ada persamaannya dengan daerah atau negara lain di dunia. Semoga bermanfaat.(*)

Penulis: Dony A.Wijaya dan Wahyu Kurniawan

Editor : Wahyu Kurniawan

Sumber: petabelitung.com