Video Of Day

ads

Selayang Pandang

Potret Hizbul Wathan Cabang Gantung Tahun 1941, Jejak Sejarah Muhammadiyah di Belitong


PETABELITUNG.COM - Foto ini menggambarkan para anggota dan pengurus Hizbul Wathan Cabang Gantung. Keterangan di papan tulis menunjukkan bahwa foto tersebut dipotret dalam rangka rapat tahunan  Hizbul Wathan Cabang Gantung 7 September 1941.
Apa itu Hizbul Wathan?
Dikutip dari m.muhammadiyah.or.id
Kepanduan Hizbul Wathan adalah organisasi otonom Persyarikatan Muhammadiyah yang bergerak dalam bidang pendidikan kepanduan putra maupun putri, merupakan gerakan Islam dan dakwah amar makruf nahi munkar, berakidah Islam dan bersumberkan Al-Qur'an dan As-Sunnah. Organisasi ini didirikan dengan tujuan untuk mewujudkan masyarakat utama, adil dan makmur yang diridlai Allah dengan jalan menegakkan dan menjunjung tinggi Agama Islam lewat jalur pendidikan kepanduan.
Organisasi ini didirikan tahun 1919. Namun ada juga versi lain yang menyebut pendiriannya berlangsung pada tahun 1921 saat pendirian Padvinder Muhammadiyah.
Foto Hizbul Wathan Cabang Gantung ini merupakan koleksi Bapak Mat Suud, dan sekarang menjadi arsip keluarga Marwansyah di Jalan Gajah Mada, Manggar. Foto ini menjadi bagian dari jejak sejarah Muhammadiyah di Belitong.
Mantap.
Keterangan mengenai Muhammadiyah Cabang Gantung bisa ditemukan dalam buku Utusan Negeri Serumpun Sebuah Biografi Ir.H. Darmansyah Husein. Dalam buku tersebut diketahui bahwa Muhammadiyah Cabang Gantung berdiri tahun 1924.
"Syarif Namat adalah orangtua kandung ayah ku, Husein Syarif. Kik Syarif begitu orang kampung kami memanggilnya. Pada tahun 1945, beliau didaulat menjadi Ketua Muhammadiyah di Pulau Belitong. Kakek adalah orang kedua yang menjabat ketua Cabang Muhammadiyah Belitong. Sebelumnya Cabang Muhammadiyah diketuai KA. Abdul Hamid, yang tak lain adalah besan beliau sendiri," demikian keterangan dalam buku tersebut.
Semoga bermanfaat.(*)

Pasangan suami istri Mat Suud dan Siti Honah, kakek dari saudara Marwansyah, Manggar.


Penulis : Wahyu Kurniawan
Editor : Wahyu Kurniawan
Sumber: petabelitung.com