Video Of Day

ads

Selayang Pandang

Potret Rumah A1 di Bukit Samak Manggar, Ternyata Anak-anak Belanda Menyebutnya dengan Sebutan BC


PETABELITUNG.COM - Rumah A1 berada di puncak bukit Samak, Desa Lalang, Kecamatan Manggar, Kabupaten Belitung Timur, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung. Nama A1 diambil dari nomor rumah tersebut. Bangunan ini merupakan rumah peninggalan perusahaan timah swasta Belanda, N.V. Billiton Maatschappij (B.M). Pembangunannya dimulai pada tahun 1916 sewaktu perusahaan tersebut membuka komplek perumahan baru untuk para pegawainya.
Jejak rumah A1 kini hanya menyisakan pondasi. Bangunannya dirobohkan oleh oknum tak bertanggungjawab tanpa alasan yang jelas. Bekas lokasinya kini dimanfaatkan untuk objek wisata.
Oiya, secara umum masyarakat Belitong mengenal bangunan ini dengan sebutan A1 seperti yang dijelaskan di atas. Namun ternyata lain halnya dengan anak-anak Belanda era tersebut. Mereka menyebut rumah A1 itu dengan sebutan BC.
Hal ini diungkapkan oleh Ferry Sumakud, seorang anak pegawai perusahaan timah Belanda yang lahir di Belitong. Pria yang berdomisili di Manado ini mengatakan, kenangannya pada Manggar sangat kuat. Saat masih kanak-kanak, Ferry sering bermain di puncak bukit Samak.
"Zaman masih kecil, kami hanya tahu dengan nama BC Heuvel (bukit BC). BC = Bedrijf Chef = Kepala Perusahaan. Bapak Haji Abu Hassan orang asli Belitung yang tahu Bahasa Belanda adalah salah satu staf di perusahaan itu," kata Ferry kepada petabelitung.com beberapa waktu lalu.
Dalam foto tampak Ferry berada di urutan kedua dari kanan. Foto itu dipotret tahun 1958 yakni saat berakhirnya masa pertambangan timah Belanda.
Semoga bermanfaat ya guys.(*)

Penulis : Wahyu Kurniawan
Editor : petabelitung.com
Sumber: petabelitung.com

Ferry Sumakud (kedua dari kanan) berfoto bersama teman-temannya dengan latar rumah A1 di Bukit Samak tahun 1958. repro by petabelitung.com tahun 2020.


Ferry Sumakud bersama istri dan rekan masa kecilnya di objek wisata replika SD Laskar Pelang tahun 2016. repro by petabelitung.com tahun 2020.
Ferry Sumakud bersama istri dan rekan masa kecilnya di objek wisata replika SD Laskar Pelang tahun 2016. repro by petabelitung.com tahun 2020.