Video Of Day

ads

Selayang Pandang

Kisah Nyata Tentang Tiga Orang Beda Negara yang Akhirnya Berjumpa di Belitung


PETABELITUNG.COM - Ingat sebuah berita di media online Pos Belitung yang diposting Rabu, 22 Juni 2016.
Judul beritanya: "Warga Belanda Ini Akhirnya Menemukan Tetangganya Saat Tinggal di Manggar Tahun 50-an".
Singkat kata, berita itu bercerita tentang dua orang dari dua negara yang berbeda. Yakni Ernest Welcker dari Amerika Serikat, dan Victor Loppies dari Belanda.
Berawal dari mengomentari sebuah berita online, Victor dan Ernest kemudian sadar bahwa mereka dulunya bertetangga di Belitung. Sebab orangtua mereka dulunya adalah pegawai di perusahaan tambang timah Belanda, NV.GMB.

Screenshoot berita online Pos Belitung tentang pertemuan Ernest dan Victor. Pos Belitung/repro petabelitung.com 2020.

Setelah komunikasi di media sosial, mereka kemudian membuat janji untuk saling bertemu. Dan pertemuan itu pun terwujud di Belanda pada September 2016 lalu. Tidak lupa mereka mengirim salam untuk Wahyu Kurniawan, jurnalis Belitong yang mengawali kisah pertemuan mereka.
"Salam dari Nederland untuk Wahyu Kurniawan Sonema Bandsoul. Dari kiri kekanan: Yvonne Welcker, Roel Loppies, Franklin Douglas, Ventje pallencaoe, Sonja Welcker, Victor Loppies, Remy Broedelet, Arnest Welcker," tulis Roel, abang kandung Victor Loppies seperti yang dilansir dalam berita Pos Belitung berikut ini:

Screenshoot berita tentang perjumpaan Ernest dan Victor di Belanda. Pos Belitung/repro petabelitung.com

Kisah tentang pertemuan ini ternyata tidak berhenti sampai di situ saja. Setelah tiga tahun berlalu, mereka pun merencanakan mudik bareng ke Belitung, tanah kelahiran mereka. Dan rencana itu akhirnya terwujud pada bulan 8 Maret 2019.
Ernest dan Victor kembali berkumpul di Belitung. Dan kali ini mereka mengundang Wahyu Kurniawan, jurnalis Belitong yang dulu mempertemukan mereka.
Pertemuan ketiga orang beda negara itu akhirnya terjadi pada Selasa (10/3/2020) malam di Hotel Fairfield by Mariot di Tanjung Pendam, Belitung. Momen itu kemudian diabdikan dalam sebuah foto yang dipotret oleh Yvonne, kakak sulung Ernest.

Dari kanan ke kiri: Wahyu, Victor, dan Ernest ketika bertemu di Hotel Fairfield by Mariot di Tanjung Pendam, Belitung, Selasa (10/3/2020) malam. Yvonne/repro petabelitung.com 2020. 
Pada kesempatan itu, bukan hanya ada Ernest dan Victor. Tapi Yvonne juga mengajak putrinya Sara dan cucunya Natalya. Dan juga Sonja, adik kandung Yvonne. Selain itu ada juga Frans Burchartz, warga Belanda kelahiran Belitung. Mereka kemudian saling berbagi kisah dalam sebuah obrolan selama satu jam. Banyak hal yang mengejutkan dalam obrolan sehingga Yvonne sampai berujar. "Dunia ini memang kecil,".(*)

Posisi duduk dari kanan: Frans Burchartz, Victor Loppies, Ernest Welcker. Berdiri dari kanan: Yvonne Bell, Sonja Welcker Turne. Mereka berfoto sambil memegang bikisan buku karya Wahyu Kurniawan berjudul Tambang Timah Belitong Dari Masa ke Masa Jilid 1. 

Penulis : Wahyu Kurniawan
Editor : Wahyu Kurniawan
Sumber: petabelitung.com