Video Of Day

ads

Selayang Pandang

Potret Lawas Sekolah Dasar Bikinan Pemerintah Hindia-Belanda


PETABELITUNG.COM - Sekolah bikinan pemerintah Hindia-Belanda pertama di pulau Belitung adalah Tweede Inlandsche School atau sekolah kelas dua atau sekolah ongko loro.
Sekolah dasar dengan jenjang pendidikan tiga tahun ini berdiri di Tanjungpandan pada tahun 1874 dan kemudian di Manggar pada tahun 1879. Selanjutnya Sekolah Kelas Dua ini juga dibangun pada tahun 1914 di Manggar, Buding, Sijuk, Dendang. Sekolah ini dibangun hanya sekadar untuk memberantas buta huruf dan membuat anak mampu berhitung.
Kemudian pada tahun 1909 berdiri Europeesche Lagere School di Tanjungpandan dan Manggar. Sekolah dasar kelas 7 ini khusus untuk anak-anak peranakan Eropa dan kalangan tertentu dari bumiputra, dan keturunan timur asing. Sekolah ini muncul belakangan lantaran sebelumnya jumlah anak-anak keturunan Eropa belum mencukupi korum untuk menerapkan sekolah sesuai standar pemerintah.
Pada tahun 1916 pemerintah mendirikan sekolah Hollandsch-Inlandsche School. Sekolah untuk anak-anak bumiputra ini dibangun seiring munculnya politik etis. Pada tahun 1920 sekolah ini memiliki fasilitas gedung yang bagus dan luas, yang dikelola oleh guru-guru Belanda dan dibantu oleh guru-guru lokal.
Para era yang sama juga bermunculan sekolah-sekolah dasar swasta untuk warga Cina. Selain itu ada juga sekolah-sekolah Islam yang didirikan oleh organisasi kemasyarakatan di Belitung. Semoga pada tulisan selanjutnya sekolah-sekolah swasta ini bisa kami ulas lebih mendalam lagi.

COLLECTIE TROPENMUSEUM De Inlandse School te Tandjoengpandan TMnr 10007186
De Inlandse School te Tandjoengpandan. sumber foto: Tropenmuseum, part of the National Museum of World Cultures [CC BY-SA 3.0]

Europeesche Lagere School di Tanjungpandan. repro petabelitung.com, 2018/Gedenkboek Billiton Jilid 2 tahun 1927.

Para siswa Europeesche Lagere School di Tanjungpandan. repro petabelitung.com, 2018/Gedenkboek Billiton Jilid 2 tahun 1927.
Europeesche Lagere School di Manggar. repro petabelitung.com, 2018/Gedenkboek Billiton Jilid 2 tahun 1927.
Hollandsch-Inlandsche School di Tanjungpandan. repro petabelitung.com, 2018/Gedenkboek Billiton Jilid 2 tahun 1927.

Hollandsch-Inlandsche School di Tanjungpandan. repro petabelitung.com, 2018/arsip keluarga Eddie Cheppy Cheever.

Penulis : Wahyu Kurniawan
Editor : Wahyu Kurniawan
Sumber : petabelitung.com.