Video Of Day

ads

Selayang Pandang

Review Peta Belitung Tahun 1580

Judul Peta, Il Disegno Della Terza Parte Dell' Asia. Artinya kurang lebih, Desain Asia Bagian Ketiga. Ini adalah peta benua Asia tahun 1580 yang ternyata juga sudah mencantumkan Pulau Belitung di dalamnya.
Peta ini saya peroleh dari Barry Lawrence Ruderman Antique Maps lewat website resmi mereka www.raremaps.com.
Beruntung sekali saya mendapat izin untuk mempublikasikan serta mereproduksinya kembali.

Klik link ini untuk melihat peta digitalnya : https://goo.gl/gXGEV5
Peta ini dibuat oleh Giacomo Gastaldi di Roma Italia. Berikut ini ulasan yang disampaikan oleh Barry Lawrence Ruderman Antique Maps mengenai peta tersebut.

Contoh yang baik dari Giacomo Gastaldi yang langka 4 lembar dinding peta Asia Tenggara, China dan India, mungkin peta yang paling berpengaruh tunggal wilayah diterbitkan dalam abad ke-16.
Gastaldi peta Asia Tenggara memiliki sejarah yang luar biasa, salah satu yang menyajikan mikrokosmos pembuatan peta Italia di tengah abad ke-16. Peta dimulai dengan penerbitan satu bagian pada tahun 1559, yang dimaksudkan sebagai peta yang terpisah. Bagian tambahan yang ditambahkan di 1561, membuat bagian dari peta yang ada yang meluas ke selatan ke Khatulistiwa. Pada tahun 1565, dua bagian tambahan yang ditambahkan, untuk menunjukkan seluruh Indonesia dan pulau-pulau tetangga selatan sejauh Jawa Kecil.

Sebagaimana dicatat oleh Suarez:
Dalam bentuk aslinya peta diperpanjang hanya untuk khatulistiwa, sehingga sebagian besar pulau-pulau Indonesia tidak dimasukkan. Untuk memperbaiki hal ini, di sekitar 1565, dua lembar sempit dibuat oleh pemahat Italia yang besar Paolo Forlani untuk melengkapi tubuh utama peta Gastaldi ini ... Selain itu yang lebih rendah ini dikenakan sebuah prasasti di sudut kiri bawah yang berbunyi 'si Vende ... '... menunjukkan lokasi toko dari penerbit Bertelli.
Suarez selanjutnya menjelaskan panjang lebar sumber dan inovasi yang digunakan oleh Gastaldi untuk semua peta Asia benua, tetapi terutama peta tiga sectional "memiliki pengaruh besar pada karya Ortelius dan de Jode ... Dalam representasi mereka dari garis pantai nya peta lebih unggul semua peta sebelumnya dikenal dari Asia, baik ditarik dengan tangan atau dicetak "(Schilder di The Peta Kolektor no. 17, p. 7).



Di sisi kanan peta, Gastaldi menyediakan daftar sekitar 100 nama tempat di peta, menunjukkan kedua nama kuno dan modern untuk tempat-tempat ini. Dalam studi yang sangat baik tentang peta Gastaldi tentang Asia dan hubungan mereka ke rekening perjalanan Marco Polo, Nordinskold mencatat bahwa sementara Gastaldi jelas dimasukkan informasi dari perjalanan Marco Polo, Gastaldi telah diandalkan rekening wisatawan kontemporer lainnya ke timur. Paling menonjol, dedikasi untuk Marco Fuchero (Marcus Fugger, 1529-1597), adalah bukti kuat bahwa Gastaldi telah diberikan akses ke perpustakaan keluarga Fugger, salah satu perpustakaan paling penting disusun dalam abad ke-15 dan ke-16. Selama abad ke-16, Perpustakaan Fugger mungkin adalah perpustakaan pribadi terbaik di dunia, bahkan lebih baik daripada Perpustakaan Vatikan.

Nordinskold melanjutkan untuk dicatat:
Akhirnya, harus diingat bahwa Gastaldi, di bawah bimbingan Ramusio, seharusnya telah membantu dalam memperbaiki atau mengecat dinding-peta yang terkenal di Sala dello Ulysse di Venice. . . Jika seperti itu terjadi, itu dapat dianggap kemungkinan bahwa peta monumental Afrika dan Asia dengan Gastaldi memiliki beberapa sambungan ke [Gastaldi ini peta Asia], bahwa ukiran-pelat tembaga adalah reproduksi aslinya peta dinding di bahwa bentuk yang diberikan mereka di pertengahan abad keenam belas.
Contoh ini merupakan edisi varian langka, bantalan jejak "Petri de Nobilibus Formis." Pietro de Nobilis adalah penerus dari Lafreri di Roma setelah 1580. Dalam karya Tooley pada Italian Atlas, ia terletak hanya satu contoh dari peta ini Asia Tenggara yang termasuk jejak Petri de Nobilibus, salinan dimiliki pada awal ke-20 abad oleh kolektor Amerika George Beans terkenal.
Kondisi Keterangan: 4 lembar bergabung. Restorasi profesional untuk air mata kecil di kuartal kanan atas dan kiri bawah.
Referensi: Tooley, Italia Atlasses 63; Karrow 30/92 Anm .; Woodward, Forlani 36 Anm .; Suarez, Asia Tenggara pp 130-157; Quirino, Cart Filipina. p 95; Nordinskold, Pengaruh dari 'Travels of Marco Polo' di Jacobo Gastaldi ini Maps Asia, The Geographical Journal, Vol. 13, No. 4.