Video Of Day

ads

Selayang Pandang

Siswa MTS Negeri 1 Manggar Temukan Data Tentang Sejarah Rempah di Kantor KPSB Peta Belitung


PETABELITUNG.COM - Dela segera membuka buku yang diterima ketika berkunjung di kantor KPSB Peta Belitung, Sabtu (25/7/2020). Tak lama kemudian Siswa kelas IX MTS Negeri 1 Manggar ini mulai menarik perhatian rekan-rekannya dengan membaca sebuah kutipan dalam buku tersebut.
"Para pejabat juga mendorong penduduk pribumi untuk memakai metode pertanian lain dari pada cara tebang dan bakar, dan mereka juga menyarankan kepada para petani Tionghoa bahwa mereka harus mencari cara tambahan untuk penghidupan mereka," demikian kata Dela.
"Hasilnya, budi daya lada, yang pertama kali diperkenalkan dari Riau di tahun 1869 oleh seorang usahawan Tionghoa, meluas dengan cepat sejak akhir abad tersebut," lanjut Dela.
Buku itu berjudul Timah Bangka dan Lada Mentok. Kemudian ia juga diberi penjelasan mengenai kaitannya dengan lada di Belitung.Bahwa budi daya lada di Belitung juga di temukan dalam catatan Asisten Residen Belitung tahun 1874.
"Ada banyak tanah di Belitung di mana budaya lada dapat berhasil didorong. Namun, penanaman tanaman ini, seperti halnya gambir, sangat tidak penting. Penduduk asli tidak menggunakan lada dan persiapan gambir terlalu rumit baginya. Karena itu akan sangat sulit untuk memperkenalkan kedua budaya tersebut." demikian laporan dalam catatan tahun 1874 tersebut.
Dela datang bersama rekannya Hafis, Fauzi, Nabil, Isti, dan Manda. Mereka didampingi oleh dua guru yakni Ibu Sarifah dan Ibu Desi Martasari.
Ibu Sarifah yang akrab disapa Ibu Eva mengatakan para siswa sedang bersiap mengikuti lomba menulis cerita rakyat. Satu tema sudah digarap yakni tentang bahari. Namun tema tentang rempah belum digarap karena minimnya data yang mereka punya.
"Kami ingin anak-anak ini menulis cerita dengan data, agar tulisan mereka tidak terlalu jauh bertolak belakang dengan sejarah," kata Ibu Eva dalam pertemuan tersebut.
Usai mendapat sejumlah refrensi dan pandangan dari KPSB Peta Belitung, para siswa kemudian mulai menyusun kerangka karangan. Hasilnya mereka mampu menentukan tema dan alur cerita tentang lada di Belitong.


Diakhir kunjungan, rombongan MTS Negeri 1 Manggar memberikan bingkisan. Mereka kemudian berfoto bersama di depan kantor KPSB Peta Belitung sebelum bertolak kembali ke Manggar, Kabupaten Belitung Timur. (*)

Penulis: Wahyu Kurniawan
Editor : Wahyu Kurniawan
Sumber: petabelitung.com