Video Of Day

ads

Selayang Pandang

Ini Ulasan Tentang Peta Kuno Pulau Belitung Tahun 1856


PETABELITUNG.COM - Ini adalah salah satu peta favorit saya. Judulnya Kaart van de afdeeling Billiton (of Blitong) yang artinya kurang lebih yakni Peta Kabupaten Belitung (atau Blitong). Penyusunnya adalah Pieter Baron Melvill van Carnbée berdasarkan pengumpulan data dari tahun 1852 sampai 1854.
Diterbitkan oleh Van Haren Noman & Kolff pada tahun 1856 di Batavia dengan skala peta 1:467.000, berwarna. Dalam versi lainnya peta ini juga ditampilkan dalam bentuk hitam putih.
Peta ini juga bagian dari Algemeene atlas van Nederlandsch Indië atau Atlas Hindia Belanda yang umum digunakan pada masa itu.
Untuk melihat detail peta secara online bisa mengunjungi website perpustakaan Universitas Leiden, Belanda. 
Sejumlah alasan membuat saya menjadikan peta ini sebagai favorit. Pertama karena peta ini menantumkan penyebutan nama asli Pulau Bellitung yakni Belitong. Hal itu ditandai dalam tanda kurung dalam judul peta (of Blitong).
Alasan kedua, peta ini menampilkan data sensus penduduk Belitung per 1 Januari 1856. Data sensus itu menjadi penting karena memberikan informasi mengenai pengelompokan penduduk Pulau Belitung yang terdiri dari empat kelompok. Pengelompokan itu yakni Orang Belitung (Billitonezen), Suku Melayu, Orang Laut, dan Cina.
Alasan ketiga, peta ini juga menampilkan data produksi timah Belitung tahun 1853 sampai 1856. Selain desain yang artistik dan detail yang menawan, peta ini juga saya favoritkan karena merupakan bagian dari atlas Hindia-Belanda.
Artinya peta ini adalah yang paling umum digunakan oleh rakyat Hindia-Belanda pada pertengahan abad ke-19. Melihat peta sama artinya menjadikan diri kita sebagai rakyat Hindia-Belanda pada waktu itu dalam melihat Pulau Belitung.
Saya kemudian mereproduksi peta tersebut atas seizing autor Perpustakaan Leiden.  Hasil reproduksi itu memiliki lebar 4.352 pixels dan tinggi 3.564 pixel dengan resolusi 150 dpi. Cetakan peta ini tersedia dalam ukuran kertas art paper 48,8x32,4 cm. Bagi yang berminat bisa mengirim pesan lewat email.




Penulis : Wahyu Kurniawan.
Editor : Wahyu Kurniawan.
Sumber : petabelitung.com.